Lihat ke Halaman Asli

Punya Pasangan, Namun Tertarik Pada Orang Lain?

Diperbarui: 20 Desember 2023   13:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pixabay.com /id/users/1866946

Percintaan terkadang menjadi hal kompleks yang penuh dengan dinamika emosional. Salah satu situasi yang tidak jarang terjadi adalah ketika seseorang merasa tertarik kepada orang lain meskipun mereka sudah memiliki pasangan. Hal tersebut merupakan situasi yang rumit dan dapat menimbulkan pertanyaan tentang kesetiaan dalam hubungan.

Kenapa bisa seseorang tertarik kepada orang lain walau sudah memiliki pasangan?

Ketidakpuasan dalam hubungan yang ada adalah salah satu alasan paling umum mengapa seseorang tertarik kepada orang lain walau sudah memiliki pasangan (University of California Berkeley, 2010). Ketika seseorang merasa tidak puas dengan hubungan yang ada, mereka lebih rentan untuk tertarik pada orang lain. Hal ini dikarenakan mereka mencari sesuatu yang tidak mereka dapatkan dalam hubungan mereka. Mungkin saja orang lain tersebut memiliki nilai dan tujuan yang sama, lebih komunikatif, lebih perhatian, atau lebih setia.

Salahkah bila tertarik pada orang lain walau sudah memiliki pasangan?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Univesity of California Berkeley (2010), tertarik pada orang lain walau sudah memiliki pasangan bukanlah hal yang salah secara moral. Hal ini disebabkan ketertarikan adalah hal yang bersifat alami dan dapat terjadi pada siapa saja, termasuk orang yang sudah memiliki pasangan. Namun, sangat penting untuk digaris-bawahi bahwa ketertarikan tersebut dapat berdampak negatif pada hubungan yang ada bahkan pada psikologis seseorang. Jika seseorang merasa tidak puas dengan hubungan yang ada, mereka mungkin lebih rentan untuk bertindak berdasarkan ketertarikan mereka pada orang lain. Hal ini sangat besar kemungkinan dapat menyebabkan perselingkuhan, yang tentu saja bisa merusak hubungan yang ada.

Bagaimana cara mengatasi perasaan tersebut?

  • Bicaralah dengan pasanganmu.

Jika kamu merasa tidak puas dengan hubungan yang ada, bicaralah dengan pasanganmu tentang apa yang membuat kamu tidak puas. Dengan berbicara jujur dan terbuka, kamu dapat mengetahui pendapat pasanganmu dan kalian dapat mencari solusi bersama untuk permasalahan yang kamu rasakan.

  • Fokus pada hubungan yang ada.

Luangkan waktu untuk quality time bersama pasanganmu dan lakukan kegiatan-kegiatan yang dapat memperkuat hubungan kalian. Dengan meningkatkan quality time dan membuat banyak kenangan indah bersama, hubungan kalian akan terasa lebih hangat dan pastinya akan lebih romantis.

  • Hindari kontak dengan orang tersebut.

Jika kamu merasa sulit untuk mengatasi ketertarikan tersebut, sebaiknya kamu perlu menghindari kontak dengan orang tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk dapat mencegah perasaanmu terbawa lebih dalam. Kamu dapat membatasi kontak dengannya sambil perlahan menghilangkan perasaan tertarikmu kepadanya.

Penting untuk menyadari potensi dampak negatif dari ketertarikan tersebut. Jika kamu merasa tertarik pada orang lain walau sudah memiliki pasangan, sebaiknya kamu harus mencari cara untuk mengatasinya dengan bijak seperti 3 cara diatas. Maka dar itu, perlu diingat bahwa membangun dan memelihara hubungan yang sehat memerlukan komitmen dan usaha bersama dari kedua belah pihak. Dengan demikian, kesetiaan dan keharmonisan hubungan dapat tetap terjaga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline