Gambar 1 Pelaksanaan Program Monodisiplin 2 di Rumah Ketua UMKM Lele
Boyolali, 31 Juli 2022 -- Keberadaan UMKM di Indonesia sedikit banyak telah membantu menggerakkan roda ekonomi dalam negeri terutama pada ekonomi rakyat. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau biasa disingkat dengan UMKM menjadi sektor usaha yang sudah diakui peran pentingnya dalam perekonomian Indonesia.
Seiring dengan berputarnya arah globalisasi, mau tidak mau semua sektor harus memulai untuk dapat beradaptasi dengan kondisi atau keadaan yang sedang terjadi hari ini. Teknologi, internet, media sosial hingga era digitalisasi kini telah menjadi suatu gaya hidup ditengah masyarakat.
Globalisasi inilah yang membawa keterbukaan dan menghubungkan berbagai macam negara, mulai dari politik, perdagangan, ekonomi, sosial hingga budaya. Didalam perdagangan, globalisasi inilah yang menjadi suatu tantangan bagi UMKM yang diharapkan mampu turut mengikuti arah globalisasi dan mulai beradaptasi agar mampu bersaing dengan pelaku usaha lainnya.
Digital marketing menjadi solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh UMKM di masa globalisasi ini. Penerapan digital marketing memberikan banyak manfaat bagi para pelaku UMKM diantaranya jangkauan yang lebih luas, biaya pemasaran yang lebih murah, dan pemasaran digital juga memungkinkan UMKM untuk bersaing dengan merek dan perusahaan besar.
Gambar 2 Pemaparan Materi Motivasi UMKM Berkelanjutan