Lihat ke Halaman Asli

Alma Kamilia

Mahasiswi

UMKM Perkokoh Pondasi Ekonomi Nasional Melalui Pemberdayaan UMKM Berkelanjutan dan Digitalisasi Pemasaran

Diperbarui: 15 Agustus 2022   16:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

 

Gambar 1 Pelaksanaan Program Monodisiplin 2 di Rumah Ketua UMKM Lele

 

Boyolali, 31 Juli 2022 -- Keberadaan UMKM di Indonesia sedikit banyak telah membantu menggerakkan roda ekonomi dalam negeri terutama pada ekonomi rakyat. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau biasa disingkat dengan UMKM menjadi sektor usaha yang sudah diakui peran pentingnya dalam perekonomian Indonesia.

Seiring dengan berputarnya arah globalisasi, mau tidak mau semua sektor harus memulai untuk dapat beradaptasi dengan kondisi atau keadaan yang sedang terjadi hari ini. Teknologi, internet, media sosial hingga era digitalisasi kini telah menjadi suatu gaya hidup ditengah masyarakat.

Globalisasi inilah yang membawa keterbukaan dan menghubungkan berbagai macam negara, mulai dari politik, perdagangan, ekonomi, sosial hingga budaya. Didalam perdagangan, globalisasi inilah yang menjadi suatu tantangan bagi UMKM yang diharapkan mampu turut mengikuti arah globalisasi dan mulai beradaptasi agar mampu bersaing dengan pelaku usaha lainnya.

 Digital marketing menjadi solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh UMKM di masa globalisasi ini. Penerapan digital marketing memberikan banyak manfaat bagi para pelaku UMKM diantaranya jangkauan yang lebih luas, biaya pemasaran yang lebih murah, dan pemasaran digital juga memungkinkan UMKM untuk bersaing dengan merek dan perusahaan besar.

 

Dokpri

Gambar 2 Pemaparan Materi Motivasi UMKM Berkelanjutan

 

Dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline