Lihat ke Halaman Asli

Amalan Puasa Dibulan Rajab

Diperbarui: 8 Februari 2022   19:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Bulan Rajab adalah bulan ketujuh dalam penanggalan Islam. Bulan Rajab termasuk kedalam daftar bulan-bulan yang dimuliakan karena terdapat begitu banyak kemuliaan yang terkandung didalamnya, seperti dalam firman Allah swt.

" Sesungguhnya bilangan disisi Allah ada dua belas bulan sebagaimana ketetapan Allah di Lauh Mahfuz . Pada waktu ia menciptakan langit dan bumi, diantaranya yaitu ada empat bulan haram". ( Q.S AT-Taubah): 36.

Berpuasa dibulan Rajab adalah amalan yang paling baik. Kesunahan puasa Rajab dapat diambil dari dalil-dalil umum mengenai dianjurkannya berpuasa pada empat bulan haram. Seperti dalam hadist Shahih Muslim ( hadist No.1960).

Ketentuan puasa Rajab yang dianjurkan bagi umat Islam, mengikuti pendapat imam Nawawi tentang hadist Shahih yang membahas ibadah sunah tersebut. Keutamaan puasa Rajab sama dengan puasa pada bulan suci bagi umat muslim lainnya, seperti Dzulqidah, Dzulhijjah, dan Muharram.

Menjalankan ibadah puasa Rajab atau puasa sunah pada 10 hari pertama Dibulan Rajab karena memiliki banyak keutamaan, seperti amalnya dicatat dan diterima oleh Allah SWT, Dijauhkan dari pintu neraka, Dibukakan pintu surga, Dihapuskan dosa-dosanya, Diberi air minum disurga dan masih banyak lagi.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline