Lihat ke Halaman Asli

Setop Bilang "Orang Gila" kepada ODGJ di Jalan

Diperbarui: 12 November 2021   20:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kita pasti seringkali mendengar atau bahkan mengucapkan kata 'orang gila' kepada para odgj(orang dalam gangguan jiwa) dijalan maupun rumah sakit. Rasanya kata 'orang gila' sudah mendarah daging di pikiran kita ketika melihat odgj. Bahkan, kata 'orang gila' tak jarang menjadi umpatan ataupun sebutan ketika mengobrol dengan teman sebaya. 

Mungkin kita sudah biasa memanggil odgj diluaran dengan sebutan 'orang gila'. Namun nyatanya, panggilan itu hanya akan melukai perasaan keluarga odgj tersebut dan odgj itu pun akan lama untuk sembuh. Stigma negatif yang 'mereka' rasakan akan terus memperparah kondisi jiwa yang mereka alami. 

Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Yossy Agustanti Indradjaja mengatakan stigma bahwa orang dengan gangguan jiwa tak bisa disembuhkan harus dihilangkan. Bahkan memanggil penderita dengan sebutan orang gila pun sangat tidak dibenarkan.

Yossy mengibaratkan orang dengan gangguan jiwa sama halnya dengan orang yang mengalami sakit lain seperti gangguan hipertensi atau gangguan kencing manis. Sama-sama terjadi karena kimia otak mereka tidak bisa dikontrol sehingga pantas diperlakukan sama termasuk dalam pemanggilan.

Maka dari itu, sudah seharusnya kita merangkul para odgj agar mereka cepat pulih dari 'sakitnya', bukannya malah dirundung ataupun diganggu sehingga mereka tidak nyaman. Kita juga tak perlu takut dengan odgj karena mereka butuh kasih sayang juga.

Jadi, kalo ada odgj dijalan jangan lari yaaa kalau bisa berbagi makanan ataupun senyuman untuk mereka

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline