MEMBANGKITKAN EKSISTENSI UMKM SEBAGAI SALAH SATU STRATEGI DALAM PEMULIHAN EKONOMI INDONESIA SAAT PANDEMI
Oleh:
Dianita Lestari
Allycia Diaz Maharani
dianitalestari018@gmail.com
allyciadiaz0411@student.ub.ac.id
Universitas Brawijaya
Abstrak: Kurangnya eksistensi dari keberadaan UMKM di masa pandemi kurang membantu kondisi perekonomian Indonesia yang sedang mengalami penurunan. Tujuan ditulisnya artikel ini adalah untuk mengedukasi pembaca bahwa UMKM sangat penting untuk mengetahui kondisi perekonomian di Indonesia yang menurun karena adanya pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian konseptual, dengan cara memaksimalkan peran penting pemerintah dan melakukan digitalisasi pada UMKM. Peran pemerintah serta penerapan digitalisasi UMKM diyakini mampu untuk menjaga masyarakat Indonesia tetap sejahtera.
Kata kunci: pandemi covid-19,UMKM, pemerintah, digitalisasi UMKM
Pandemi Covid-19 telah mengancam perekonomian Indonesia terutama keberadaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dalam masa transisi, segala kegiatan menjadi terbatas dan harus dilakukan melalui Work From Home (WFH). UMKM banyak yang tidak siap dalam mengahadapi masa peralihan ini, terkhusus dalam sistem penjualan yang berubah dari luring menjadi daring. Sektor UMKM dalam masa transisi merasakan menurunnya konsumsi dan daya beli masyarakat terhadap usaha UMKM, dimana ditengah kondisi pandemi ini masyarakat cenderung menggunakan e-commerce untuk mengurangi interaksi antar sesama.
Menurut Kemenkop UKM, UMKM yang terdampak sangat serius akibat pandemi ini ditandai dengan 56% terjadinya penurunan penjualan (Utami, 2021). Berdasarkan data diatas dapat kita lihat seberapa banyak pelaku usaha UMKM yang saat ini mengalami keterpurukan akibat keterbatasan ruang dan gerak yang terjadi selama pandemi.