Lihat ke Halaman Asli

Unconditional Shodaqoh

Diperbarui: 26 Juni 2015   02:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

..kata rama, anakku semakin banyak sedekah yg kita beri semakin banyak pahala yang kita dapat..
well, kata2 rama itu pas utk seorang anak umur 11 tahun yang sedang diajarkan konsep bersedekah, konsep berbagi..
tapi,untuk orang2 seumurku akan lebih baik jika bersedekah bukan untuk mengharapkan pahala..

jika ada istilah unconditional love,cinta tanpa syarat..kenapa kita tidak bisa melakukan unconditional shodaqoh,sedekah tanpa mengharap pahala,tanpa mengharap pujian,tanpa mengharap apapun..hanya mengharap kebahagiaan dan keikhlasan dari orang yang kita beri..
bersedekah, memberi adalah sesuatu yang indah..dan pastinya akan lebih indah jika kita memberi atas dasar kasih,bukan semata-mata untuk mencari pahala..serahkan pada Tuhan saja mengenai pahala yang bisa kita dapat..memberi hanya atas dasar kasih kita, memberi karena cinta kita akan kehidupan, memberi tanpa syarat apapun..pasti lebih indah rasanya..

seorang teman, pernah berkata " disaat kita mengeluarkan zakat harta kita harus mengucapkan niat yang benar, biar pahalanya jelas". Itu menurut dia. dan hal itu benar2 dia lakukan.
Di suatu siang, di lampu merah, dia memberikan sedekah kepada seorang pengemis, tanpa terlupa berkata panjang kpd pengemis itu bahwa uang itu adalah zakat hartanya, dan bla..bla..bla..tanpa peduli suara klakson mobil belakang,memintanya utk cepat maju krn lampu sudah hijau..
Well, tanpa bermaksud menghakimi kepercayaannya, tanpa bermaksud mencela perbuatannya, tapi please deh lihat sikon..lagipula, Tuhan itu adalah Maha..maha mengetahui..jadi tidak mungkin Tuhan keliru ataupun tidak tahu akan niat baik dan perbuatan baik
hambaNya..

jujur saja, aku lebih memilih menggunakan kata memberi atau berbagi drpd bersedekah..aku tidak terlalu paham akan arti kata sedekah sebenarnya..tapi disaat aku bersedekah, seakan-akan aku ada di level yg lebih tinggi dari orang itu..disaat aku berbagi,aku akan berada di level yang sama dengannya..aku memilih berbagi,karena kita semua ada di level yang sama..

Guys, lets do unconditional shodaqoh, unconditional giving..without expecting any kind of rewards..it will make you feel better and more happy..

lets share the love..




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline