Lihat ke Halaman Asli

Something Has Gone Very Wrong with Our School!

Diperbarui: 18 Juni 2015   03:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Something has gone very wrong with our school!

Interlude

Aku ingin berbagi pendapat seseorang yang mungkin namanya cukup asing di telinga kita. Mungkin ada ketidak sempurnaan di dalamnya. Sebelumnya, jika ada salah satu dari kita yang merasa dirugikan atau di sudutkan , sekali lagi saya atas nama pribadi mohon maaf. Tak ada sedikitpun niat dari kedalaman diri saya untuk menghujat, memfitnah atau mengkambing hitamkan secara sepihak. Mari kita buka pikiran dan hati secara mendalam bukan untuk saling menyalahkan , hanya sekedar merefleksi dan meninjau kembali kondisi dunia pendidikan kita.

"Something has gone very wrong with our school!"

-Hiroshi Yoshimoto

SEMBILAN KEBOHONGAN YANG DIKATAKAN GURU DI SEKOLAH DAN KENYATAANYA

1. Kami di sini untuk membantumu memahami pelajaran. Kenyataannya: Kami di sini untuk memaksamu menghafalkan pelajaran. Jika kamu tidak bisa, kami akan menghukumu atau tidak meluluskanmu dalam ujian.

2. Kamu akan punya waktu untuk sampai kelasmu sebelum bel berbunyi. Kenyataannya: Pelajaran-pelajaran disampaikan dengan waktu yg tak pernah mencukupi. Beberapa guru memaksa kami untuk mengurangi waktu istirahat dan kami tak punya pilihan lain. Guru selanjutnya tak mengerti bahwa waktu istirahat kamu berkurang karena dipotong jam pelajaran sebelumnya, kami harus tetap masuk kelas berikutnya tepat pada waktunya.

3. Kalian harus menguasai semua pelajaran, itu penting untuk masa depan. Kenyataannya: hampir tidak ada (satupun) guru yg menguasain semua pelajaran, kan (?) Kalau tidak percaya, tanyalah guru Geografi? Kecil kemungkinan dia menguasai Matematika atau Fisika. Ajak guru Sejarah mengikuti tes olahraga, nilainya belum tentu sebaik temanmu yang jago olahraga tetapi buruk nilai pelajaran Sejarahnya. Di dunia nyata, tak ada satupun pekerjaan yang membutuhkan semua kemampuan, semua nilai baik dalam semua pelajaran! Di dunia kerja: Jika kamu mengetahui semuanya, itu sama artinya dengan kamu tak menguasai semuanya. Setiap orang memiliki kecerdasaanya masing-masing, unik dan berbeda, sekolah berusaha menyeragamkannya sambil menganggap yang cerdas hanya mereka yg pandai meghafal!

4. Guru BK selalu ada untuk mendengarkan. Kenyataannya: Mereka ingin didengarkan. Jika dipanggil keruangannya, mereka akan memarahi kita dan berteriak: "Dengarkan saya!"

Dan mungkin lebih banyak lainnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline