Lihat ke Halaman Asli

Aldy M. Aripin

TERVERIFIKASI

Pengembara

Hadiah Bermakna yang Tersisa Dari Ulang Tahun Kompas - Gramedia

Diperbarui: 8 Juli 2015   19:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Pengumuman akses gratis kompas cetak dan epaper kompas | camption dari kompas.com"][/caption]Kompas.com yang berulang tahun ke-50 tanggal 28 Juni 2015,  memberikan banyak hadiah kepada pembacanya dan saat ini masih tersisa dua buah hadiah yang sangat menarik dari kompas.com, yaitu akses gratis ke kompasprint.com dan epaper.kompas.com secara cuma-cuma sampai tanggal 31 Juli 2015.

Bagi saya ini sangat menarik, karena sejak maraknya media online saya dan keluarga memutuskan untuk berhenti berlangganan harian kompas.  Tujuannya, biaya langganan kompas cetak dimanfaatkan untuk berlangganan internet dengan salah satu provider yang ada.   Saya sendiri tidak tahu sejak kapan orang tua saya berlangganan harian kompas, karena seingat saya, ketika saya memasuki usia SD orang tua sudah berlangganan kompas cetak, yang pada waktu itu datangnya bisa satu minggu bahkan sampai dua minggu setelah harian kompas naik cetak.  Saat ini saya masih sering baca kompas cetakan dengan meminjam dari teman :D.

Selama ini, akses kompasprint (karena berbayar) pasti sangat terbatas, dengan adanya akses gratis sampai 31 Juli 2015, memberikan saya kebebasan untuk mengeksplore semua laman kompasprint dan itu memberikan pengalaman tersendiri walaupun tidak bisa dibandingkan dengan membaca secara langsung lembaran-lembaran harian kompas yang berjibun banyaknya.

Mungkin timbul pertanyaan, “bukannya kompas.com dan kompasprint  sama saja?”

Ada perbedaan yang sangat mencolok antara keduanya, artikel pada kompas.com cenderung lebih pendek dan singkat (Straight News),  sementara pada kompasprint berita disajikan dalam berbagai format berita seperti :

  • Berita Bertafsir (Berita ini adalah berita yang tidak sekedar menyampaikan fakta sebagaimana adanya tetapi juga memberikan latarbelakang (sebab akibat peristiwa terjadi), keadaan yang mungkin berkembang atau yang mungkin terjadi. Dengan kata lain, berita ini menyampaikan sesuatu tidak sekedar untuk diketahui tapi juga untuk dipahami oleh pembaca),
  • Berita Investigatif (berita yang dihasilkan lewat sebuah proses penyelidikan atau investigasi yang biasanya berangkat dari keresahan atau kasus penting  yang perlu diketahui oleh masyarakat luas. Seringkali, wartawan mendapatkan berita berdasarkan pendapat dari sumber berita yang ingin jatidirinya dirahasiakan ),
  • Berita Berkedalaman (nyaris sama dengan berita investigative bedanya berita ini tidak ditulis berdasarkan pengungkapan sesuatu yang dirahasiakan, tapi lebih jauh mencari tali temali sesuatu sehingga pembaca memperoleh pemahaman yang lebih jelas tentang duduk perkara sesuatu),
  • bahkan ada yang bersifat Analis Berita ( berita yang berkedalaman namun menyajikan juga kemungkinan yang akan dan bisa terjadi sehubungan dengan peristiwa yang menjadi topic penulisan) dan hampir tidak ada dalam format Straight News.

Walaupun waktu akses gratisnya hanya sampai tanggal 31 Juli 2015 (bisa ditambah dengan langganan kok), apresiasi dan terima kasih untuk kompas-gramedia atas hadiah yang tidak ternilai harganya.  Dan Terakhir walaupun terlambat dan terkesan lebay, Selamat Ulang Tahun Ke-50 Kompas-Gramedia, Sukses Selalu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline