Lihat ke Halaman Asli

Aldy M. Aripin

TERVERIFIKASI

Pengembara

Melihat Aktifitas Masyarakat di Sepanjang Sungai Melawi

Diperbarui: 6 Agustus 2015   17:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1428764645681403559

Sungai Melawi, adalah anak Sungai Kapuas yang ada di Kalimantan Barat, sungai ini membentang dari Kabutapen Sintang sampai Kecamatan Ambalau yang merupakan kecamatan berada paling hulu sungai Melawi.   Karena transportasi darat belum memadai (hanya bisa dilalui pada musim kemarau), sungai melawi masih merupakan urat nadi perekonomian dan transportasi pedalaman Kalimantan barat, khususnya daerah penghuluan.

  
[caption id="attachment_409405" align="aligncenter" width="600" caption="Sungai Melawi Di Pagi Hari | Dok. Pribadi - Aldy"][/caption]

Disungai ini berlangsung berbagai aktifitas masyarakat, sebagai jalur transportasi barang dan penumpang, tempat nelayan lokal mencari ikan, jalur perusahaan perkayuan untuk memilirkan kayu menuju industri pengolahan, sampai pada kegiatan mandi, cuci dan buang hajat.  Semuanya dilakukan di Sungai Melawi.

Pencemaran Air

Saat ini air sungai Melawi mengalami pencemaran yang cukup parah, penambangan emas tanpa izin di jalur sugai melawi masih marak dilakukan masyarakat ditambah dengan pembukaan lahan sawit yang luar biasa pesat dan adanya sisa-sisa HPH yang belum sepenuh di recovery.

[caption id="attachment_409406" align="aligncenter" width="600" caption="Mesin-mesin penyedot emas dari dasar sungai, salah satu penyumbang terbesar pecemaran sungai Melawi | Dok. Pribadi - Aldy"]

1428764741852621353

[/caption]

Dua puluh tahun yang lalu, sungai ini hanya keruh pada saat dimusim penghujan, menjelang kemarau airnya cukup jernih dan layak dikonsumsi.   Tapi saat ini, dimusim kemarau justru tingkat kekeruhan air semakin tinggi karena aktifitas penambangan emas semakin marak, ditambah lagi penggunaan mercury para penambang emas yang tidak terkontrol.  Selain air yang keruh, ikan-ikan sudah sulit didapat, jika pun ada, banyak yang khawatir ikan tersebut sudah tercermar mercury, namun karena suplai ikan kebanyakan dari sungai ini, masyarakat tetap mengkonsumsi ikan tersebut sebagai tambahan gizi keluarga.

[caption id="attachment_409407" align="aligncenter" width="600" caption="Jamban (penduduk setempat menyebutnya lanting), tempat aktifitas mandi, cuci dan kakus | Dok. Pribadi - Aldy"]

14287648811765707847

[/caption]

Selain itu, penggunaan sungai sebagai tempat mandi, cuci dan kakus, menambah parah pencemaran.  Tingkat kesadaran masyarakat untuk tidak membuang hajat disungai masih rendah.  Masih jarang ditemukan rumah yang memiliki kakus dirumah, karena mudahnya buang hajat disungai.

Sarana Transportasi Orang dan Barang.

Sungai melawi masih merupakan jalur transportasi utama barang dan orang terutama dimusim penghujan, karena praktis transportasi darat yang masih menggunakan jalan tanah tidak bisa dilewati.   Transportasi yang baik hanya sampai di Kabupaten Melawi, Nanga Pinoh.

[caption id="attachment_409408" align="aligncenter" width="600" caption="Para Siswa menggunakan transportasi sungai untuk menjangkau sekolah yang tidak terdapat di desa mereka, resiko karam bukan menjadi penghalang, karena mereka umumnya bisa berenang walaupun bukan jaminan keselamatan di arus yang deras | Dok. Pribadi - Aldy"]

14287649741582541880

[/caption]

Bahkan untuk berangkat kesekolah, para siswa sekolah dasar menggunakan sungai ini sebagai transportasi, karena belum setiap desa di pinggiran sungai memiliki sekolah dasar.  Setelah tamat SD, mereka melanjutkan pendidikan ke kecamatan terdekat atau ke Nanga Pinoh yang boleh dikatakan telah memiliki semua jenjang pendidikan dasar dan menengah.  Tidak ada pilihan lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline