Lihat ke Halaman Asli

Permainan Ular Tangga Bilangan Bulat: Mengasah Keterampilan Matematika dengan Menyenangkan

Diperbarui: 15 Agustus 2023   09:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Dokumen Pribadi

Permainan tradisional "Ular Tangga" adalah salah satu permainan papan yang populer dan seru untuk dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Namun, permainan ini tidak hanya menyenangkan, tetap juga dapat menjadi alat yang efektif untuk memahami dan melatih keterampilan matematika, terutama dalam konteks bilangan bulat. Mari kita jelajahi bagaimana permainan ular tangga dapat diubah menjadi alat pembelajaran yang interaktif memperdalam pemahaman tentang bilangan bulat.

Apa Itu Permainan Ular Tangga Bilangan Bulat?

Permainan Ular Tangga Bilangan Bulat adalah variasi dari permainan ular tagga yang menggunakan bilangan bulat sebagai landasan utama permainan. Papan permainan memiliki kotak-kotak yang berisi angka-angka bilangan bulat positif dan negatif. Pemain akan maju atau mundur berdasarkan hasil lemparan dadu dan tujuannya adalah mencapai kotak akhir sesuai dengan peraturan permainan.

Bagaimana Cara Bermain?

1. Papan permainan : Persiapkan papan permainan ular tangga yang memiliki angka-angka bilangan bulat di setiap kotaknya, baik positif maupun negatif.

2. Pemain : Permainan ini dapat dimainkan oleh dua atau lebih dari satu pemain dan juga dapat dilakukan secara berkelompok.

3. Pemilihan Urutan : Tentukan siapa yang akan bermain duluan. Pemain dapat memilih urutan secara acak atau dengan metode lain yang disepakati bersama, di sini saya menggunakan metode urutan kelompok.

4. Lemparan Dadu : Setiap pemain akan melempar dadu untuk menentukan  berapa banyak langkah yang dapat diambil. Jika dadu menunjukkan angka positif, pemain maju sesuai dengan angka yang muncul di dadu. Jika dadu menunjukkan angka negatif, pemain mundur sebanyak langkah yang ditunjukkan dadu.

Sumber Foto : Dokumen Pribadi

Disini saya mencoba menkreasikan 3 buah dadu, DADU PERTAMA bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif yang diacak dari angka 1 - 6. DADU KEDUA bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif yang diacak dari angka 1 - 6, usahakan jenis bilangan acaknya tidak sama dengan DADU PERTAMA, sesuaikan saja dengan kreasi guru masing-masing. DADU KETIGA yaitu operasi hitung yang akan kita gunakan dalam penjumlahan, pengurangan, pembagiaan, maupun perkalian. Sesuaikan saja dengan kreasi guru masing-masing.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline