Lihat ke Halaman Asli

Allafta muhsinatin

Tentang pendidikan

UHAMKA Peduli terhadap Motivasi Belajar Anak di Masa Pandemi

Diperbarui: 4 Maret 2021   21:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Pandemic COVID 19 memiliki dampak yang amat terhadap beberapa aspek, dan salah satunya berdampak pada dunia pendidikan mulai dari pendidikan tingkat dasar hingga  perguruan tinggi. Bapak mentri pendidikan dan kebudayaan Nadim Maakarim mengeluarkan  buku panduan merdeka belajar-kampus merdeka. Dalam buku ini terdapat hal tentang  pelaksanaan program KKN Tematik atau pengabdian desa. Program KKN Tematik ini  merupakan program tahunan yang dilaksanakan berbagai prodi dari berbgai kampus di  Indonesia, dan salah satunya dalah Prodi Pendidikan Matematik UHAMKA.  

Prodi Pendidikan Matematika UHAMKA mengirim mahasiswanya yang terbagi dari 14 kelompok terbatas untuk turut peran terhadap program KKN Tematik sebagai bentuk  interkasi sosial dan mendorong aktif mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan pengabdian  mmasyarakatyang terhitung sejak tanggal 17 februari – 3 Maret 2021. 

Dari 14 kelompok terbatas tersebut terdapat kelmpok 2 yang terdiri dari 9 orang mahasiswa (Ganung Suko Saputro, Rizka Maulidya Ningsih, Silvia Angraini, Oriza Sarah Safitri, Berliana Nur Rahma, Irfan Agustiawan, NailisSakinah, Allafta Muhsinatin dan Muhammad Hafidh Ma’ruf) yang melaksanakan KKN tematik di wilayah Sukamaju Baru, Tapos, Depok, Jawa Barat tepatnya di balai RW 003 dan ibu Esti Ambar Nugraheni, M.Pd. sebagai dosen pembimbing KKN TEMATIK. Dalam program yang dilaksanakan yakni salah satunya adalah program pendampingan belajar anak.

Dalam program pendampingan belajar anak, banyak respon positif yang didapatkan serta antusias tinggi dari anak - anak sekitar. Bahkan yang seperti dikatakan Nailis (mahasiwa KKN T) bahwa terdapat anak yang berkeinginan terus belajar bersama kakak-kakak KKN dan bahkan ada yang menyampar ke base camp agar bisa belajar lebih cepat, serta Irfan (mahasiswa KKN T) mengatakan bahwa terdapat anak yang berkeinginan belajar bersama sampai sebulan dan bahkan setahun. Kegiatan KKN Tematik ini patut di apresiasi, dengan kegiatan ini dapat membantu motivasi belajar anak, dan dapat membantu anak bersosialisasi kembali dalam adaptasi baru dimasa pandemik, serta menghidupkan suasana baru dalam kegiatan belajar anak.

Berliana Nur Rahma, Irfan Agustiawan, Nailis Sakinah, Allafta Muhsinatin dan Muhammad Hafidh Ma’ruf) yang melaksanakan KKN tematik di wilayah Sukamaju Baru, Tapos, Depok, Jawa Barat tepatnya di balai RW 003 dan ibu Esti Ambar Nugraheni, M.Pd. sebagai dosen pembimbing KKN T. 

Dalam program yang dilaksanakan yakni salah satunya adalah program pendampingan belajar anak. Dalam program pendampingan belajar anak, banyak respon positif yang didapatkan serta antusias tinggi dari anak - anak sekitar. Bahkan yang seperti dikatakan Nailis (mahasiwa KKN T) bahwa terdapat anak yang berkeinginan terus belajar bersama kakak-kakak KKN dan bahkan ada yang menyampar ke base camp agar bisa belajar lebih cepat, serta Irfan (mahasiswa KKN T) mengatakan bahwa terdapat anak yang berkeinginan belajar bersama sampai sebulan dan bahkan setahun. 

Kegiatan KKN Tematik ini patut di apresiasi, dengan kegiatan ini dapat membantu motivasi belajar anak, dan dapat membantu anak bersosialisasi kembali dalam adaptasi baru dimasa pandemik, serta menghidupkan suasana baru dalam kegiatan belajar anak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline