Lihat ke Halaman Asli

Asrian Akmal

Mahasiswa

Makna Bangsawan di Bugis Bone

Diperbarui: 20 Januari 2023   12:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Di dalam  PAPPASENG disebutkan bahwa: NA IA RIASENGNGE ARUNG, TELLU ONRONNA.
1. ALLARINGENG
2. ACINAUNGENG
3. ATTANGNGARENG

Bermakna bahwa Na Ia Riasengnge Arung, Tellu Onronna, yang pertama ALLARINGENG, Bermakna bahwa Arung (Bangsawan) itu tempat bagi PABBANUA atau Orang banyak, masyarakat,rakyat untuk datang meminta bantuan/mendapat perlindungan. Ketika Misalnya ada masyarakat yg tertimpa masalah, Mallaringeng/Tempat orang menyalamatkan diri.

Yang ke dua ACCINAUNGENG, ibarat sebuah rumah, tempat bernaung, jadii seorang bangsawan itu berkarakter Accinaungeng/ tempat dimana orang merasa nyaman, berlindung dari terik matahari, itu sebuah peribadatan yg dijelaskan dalam pappaseng.

Yg ketiga adalah ATTANGNGARENG, Bermakna bahwa Arung itu tempat bagi orang untuk Mellau tanggaa atau meminta pendapat/pandangan. Arung itu orang yg memiliki wawasan yg luas, pertimbangan yang baik dan bijaksana dalam memutuskan sesuatu. Jadi pada dasarnya kebangsawanan itu tidak hanya diukur dari genetikal, tidak.( garis darah,keturunan), tapi juga diukur dalam berdasarkan PANGADERENG Berdasarkan Nilai-nilai yang kita miliki, dalam pappaseng sudah sangat jelas disebutkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline