Lihat ke Halaman Asli

Pertalite Mana Suaramu

Diperbarui: 29 Januari 2018   21:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

PERTALITE perlahan tapi pasti harus diakui telah menggusur posisi Premium yang pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Megawati Soekarnoputri menjadi idola masyarakat. Seperti diganti dengan cara halus, era Presiden Joko Widodo (JOkowi) telah menjadikan Pertalite sebagai BBM yang paling banyak diburu masyarakat. Maklum sejak Pertalite muncul, secara bertahap Premium semakin langka dan bahkan sudah susah tidak dijumpai di SPBU.

Kesuksesan Pertalite adalah ketika munculnya saat masyarakat merasakan begitu besar selisih harga antara Premium dengan Pertamax. Harga yang berada di tengah -- tengah diantara Pertamax dan Premium, dan kadar oktan yang lebih baik dibandingkan Premium menjadi data tarik bagi masyarakat untuk kemudian memilih Pertalite untuk mendukung kebutuhan alat transportasinya.

Dan belakangan ini mungkin banyak sering mengalami hal yang sama seperti yang saya alami. Ketika datang ke SPBU untuk mengisi BBM menjumpai tulisan kertas yang ditempel yang berbunyi "Pertalite dalam proses pengiriman", ada juga tulisan kolom tulisan Pertalite di SPBU dikasih tanda silang yang menunjukkan tanda bahwa Pertalite dalam kondisi kosong alias habis.

Petugas SPBU pun memberikan pelayanan yang baik, namun sebenarnya memaksa untuk membeli BBM yang ada, yakni Pertamax. "Maaf yang ada tingal Pertamax, Pertalite kosong". Begitu petugas SPBU menyapa yang bernada mengarahkan pembeli untuk membeli Pertamax.  

Awalnya saya tidak begitu menghiraukan hal tersebut, saya anggap itu merupakan hal yang biasa bahwa Pertalite memang sedang dalam pengiriman dan belum sampai ke SPBU. Tidak ada nada kesal atau protes sedikitpun meski terkesan dipaksa membeli Pertamax. Menerima apa adanya saja, yang ada Pertamax, ya belinya Pertamax.

Saya juga dalam pekan -- pekan ini mendengar, melihat, dan membaca berita sekilas di media sosial yang intinya Presiden Jokowi menaikkan harga Pertalite. Sekali lagi saya tidak menggubris kabar tersebut, saya tidak mempedulikan kebijakan pemerintah menaikkan harga Pertalite itu.

Karena mungkin sudah sering mengalami hal yang sama ketika datang ke SPBU, saya pun mulai heran kenapa kok hampir setiap hari Pertalite habis. Saya pun berinisiatif memotret tulisan kertas yang tertempel di SPBU yang menandakan Pertalite masih dalam pengiriman.

Dalam hati, saya mulai jengkel dengan keberadaan barang yang namanya Pertalite ini. Hingga kemudian saya pun semakin merasa ada yang aneh, kenapa ini tidak menjadi isu utama yang diangkat media. Kenapa media seperti tidak peka terhadap isu kenaikan dan kelangkaan Pertalite ini. Padahal dulu kenaikan BBM yang dikonsumsi masyarakat kelas menengah kebawah selalu menjadi isu menarik  yang bisa menjadi bola panas untuk menyerang pemerintah.

Dulu saat era SBY maupun Megawati, apapun kabar tentang BBM selalu menjadi isu liar dan membuat telinga presiden panas. Jangankan harga naik, kelangkaan BBM saja menjadi berita yang menguasai headline media dan menjadi topik bahasan utama masyarakat.

Masih ingat kan, saat pemerintah telah mengumumkan pemberlakukan kenaikan BBM mulai pukul 00.00, beberapa jam menjelang kenaikan harga itu dimana-mana SPBU macet antrian masyarakat membeli BBM. Kemudian marak demo baik oleh mahasiswa maupun organisasi masyarakat yang menyuarakan penolakan kebijakan pemerintah soal BBM.

Apa yang terjadi saat SBY dan Megawati memimpin itu kini hampir hilang saat Presiden Jokowi bertahta. Media seperti dininabobokan dengan isu-isu politik seperti Pilkada yang dianggap mengundang perasaan dan emosi masyarakat. Media juga telah puas dengan isu-isu penegakan hukum dengan maraknya OTT kasus korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline