Lihat ke Halaman Asli

Aliza Ayu Bintani

College Student

Edukasi Pemahaman Positif mengenai Media Sosial | KKN UPI 2021/2022

Diperbarui: 9 Februari 2022   11:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pandemi Covid-19 membawa pengaruh kepada semua lintas kehidupan, khususnya pendidikan. Akibat dari pandemic covid 19, pembelajaran dari taman kanak-kanak hingga universitas dilaksanakan secara Daring. Begitupun dengan kegiatan KKN yang harus mengalami perubahan mekanisme karena adanya pademi Covid-19 ini.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pendidikan Indonesia periode tahun 2021/2022 ini dimulai sejak tanggal 8 Januari 2022. KKN Tematik UPI 2021/2022 ini mengusung tema “Mengembangkan Literasi Digital dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka-Pusat Prestasi Nasional Kemdikbudriste”

Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat berpengaruh besar terhadap situasi kehidupan sehari-hari saat ini, salah satunya adalah media sosial. Sekarang, media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang. Jejaring media sosial yang digunakan oleh masyarakat banyak jenisnya, di antaranya Facebook, Twitter, Telegram, Instagram, WhatsApp, TikTok, dan lain-lain.

Dari penggunaan yang banyak itu pula, media sosial bisa dimanfaatkan untuk melakukan banyak hal. Nah, dalam kegiatan KKN ini saya Aliza Ayu Bintani mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia dengan Dosen Pembimbing Lapangan Dr. A. Jajang W. Mahri, M.Si. melakukan berbagai kegiatan dengan memperkuat literasi digital mengenai Pemanfaatan Media Sosial bagi remaja yang ada dalam kelompok Karang Taruna RW 03 yang berada di Desa Sayati, Kecamatan Maragahyu, Kabupaten Bandung.

Dokpri

Dalam kegiatan ini, saya memberikan edukasi kepada kelompok Karang Taruna Sayati 03 ini mengenai pentingnya media sosial dalam menunjang karir di masa depan dengan membentuk Personal Branding yang kuat. Menurut saya, materi mengenai Personal Branding di Sosial Media ini cukup penting terlebih untuk remaja-remaja yang ada dalam kelompok Karang Taruna Sayati 03 ini. Karena, media sosial juga sekarang mulai menjadi pertimbangan seorang HR untuk menyeleksi kandidat calon karyawan.

Tak hanya mengenai Personal Branding. Saya juga memberikan edukasi mengenai manfaat media Sosial sebagai Digital Marketing. Media sosial saat ini menjadi tempat saling berpartisipasi, berinteraksi, berbagi secara cepat. Jadi, jika memasarkan produk di medsos, bukan tak mungkin produk tersebut akan sangat cepat tersebar luas.

Dalam pelaksaan kegiatan ini, karena masih adanya pandemi Covid 19, maka kegiatan ini pun saya lakukan secara daring melalui group WhatsApp. Tak hanya melalui WhatsApp saya pun mensosialisasikan ini melalui platform Instagram dan juga Tiktok, agar dapat menjangkau audience yang lebih luas.

Dokpri

Dengan adanya KKN ini, diharapkan dapat menjadi wadah bagi kelompok Karang Taruna Sayati 03 agar dapat memanfaatkan media sosial dengan maksimal.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline