Lihat ke Halaman Asli

Peran Penting Pancasila dalam Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda

Diperbarui: 8 Juni 2022   23:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

liputan6.com

Pancasila merupakan sebuah dasar negara Indonesia yang sudah dirumuskan oleh pendiri-pendiri bangsa atau bisa disebut the founding fathers yang mempertahankannya melalui perjuangan dan proses yang Panjang. Pancasila juga merupakan ideologi yang dianut oleh bangsa Indonesia. Pancasila memuat lima butir Pancasila yang merupakan landasan dari kehidupan berbangsa dan bernegara.

Setiap sila yang tertera pada Pancasila memiliki kandungan dan nilai-nilai yang sejalan dengan cita-cita, tujuan, dan harapan pembentukan bangsa Indonesia. Pada dasarnya Pancasila adalah dasar dari sistem pemerintahan, dengan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pemerintahan berdasarkan dengan isi Pancasila dan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pemerintahan.

Generasi muda di Indonesia mengalami penurunan semangat nasionalisme dan patriotisme pada saat pandemi Covid-19 ini. Kejadian ini tentunya akan menjadi permasalahan bagi bangsa Indonesia sejak tahun 2020 sampai sekarang. Tahun tersebut merupakan tahun yang sangat berat bagi negara Indonesia. 

Ada banyak sekali permasalahan di negara ini. Salah satu permasalahannya adalah pandemi Covid-19. Pandemi ini bukan hanya melanda negara Indonesia, tetapi hampir di setiap negara di dunia. Covid-19 merupakan virus atau penyakit baru yang belum pernah diketahui. 

Virus ini pada awalnya terdeteksi di wilayah Wuhan, China pada bulan Desember 2019. Virus ini tidak diragukan lagi karena sangat berbahaya bagi manusia. Di Indonesia terdapat 4,2 juta kasus Covid-19 yang terbukti positif dan lebih dari 144 ribu kematian.

Pada saat pandemi Covid-19, banyak penelitian menunjukkan bahwa etika dan akhlak masyarakat terutama generasi muda semakin menurun. Tidak hanya tentang moralitas saja, tetapi juga dalam pengimplementasian nilai-nilai Pancasila juga semakin memudar. Sejak pandemi Covid-19 merebak di hampir semua negara di seluruh dunia, sekolah dan universitas ditutup. 

Menurut data dari Organisasi Pendidikan, United Nations Culture (UNESCO), kegiatan belajar kurang lebih 290,5 juta siswa di seluruh dunia sangat terusik dengan ditutup atau diliburkannya sekolah dan universitas. Virus Covid-19 ini juga membuat rasa nasionalisme dan patriotisme generasi muda Indonesia semakin mereda. Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah 

maraknya dampak dari budaya asing yang masuk ke negara kita. Hal ini yang menyebabkan generasi saat ini dengan mengabaikan budaya bangsa mereka sendiri karena diaganggap budaya luar lebih modern daripada budaya asli.

Pada era globalisasi seperti sekarang ini kedudukan Pancasila tentu sangat diperlukan untuk selalu dijaga eksistensinya, karena dengan adanya globalisasi ini berbagai macam budaya asing dapat dengan cepat masuk ke masyarakat. Seperti saat ini, banyak anak muda yang rusak moralnya karena dipengaruhi oleh berbagai faktor,

antara lain pengaruh buruk globalisasi, pergaulan sosial, semakin canggihnya media elektronik, narkoba, alkohol, dan banyak faktor negatif lainnya. Situasi ini sangatlah mengkhawatirkan. Hal ini tentunya memerlukan perhatian khusus karena generasi muda saat ini adalah generasi penerus bangsa dan mereka akan terus berjuang seperti generasi yang lebih tua untuk membangun negara Indonesia yang lebih unggul.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline