Lihat ke Halaman Asli

aliya rizqa

mahasiswi

Fakta Anak Sulung

Diperbarui: 19 Juni 2023   20:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Setiap anak dalam keluarga pasti mempunyai keunikan tersendiri di dalamnya. Anak sulung salah satunya, anak sulung merupakan sebutan dari anak pertama dalam keluarga. Menurut KBBI anak sulung adalah anak yang tertua dalam keluarga, karena itu anak pertama sering dijadikan patokan ataupun contoh pada adik adiknya.

Namun, hal tersebut sering kali menjadi tekanan sendiri bagi anak pertama. Karena mereka harus selalu terlihat sempurna di mata adik adik mereka, harus selalu terlihat kuat, dan dapat mengayomi adik adik mereka. Hal ini yang menyebabkan terkadang anak pertama cenderung lebih tegas dan terlihat seperti pemarah. Padahal mereka melakukan hal tersebut agar adik adik mereka paham dan tidak melakukan kesalahan yang sama seperti yang mereka lakukan.

Anak pertama turut merasakan betapa takut sekali akan kegagalan. Mereka turut merasakan betapa besarnya harapan orang tua terhadap diri mereka. Dalam keluarga terkadang anak pertama cenderung lebih tertutup dan tidak terlalu membuka diri. Mereka lebih sering mengurung diri di kamar dan sangat pemarah seolah tidak peduli dengan keluarga.

Namun tanpa kita sadari sebenarnya anak pertama memiliki rasa kepedulian yang tinggi pada keluarga. Mereka merasa bahwa perlu adanya keseimbangan dalam keluarga ini, terkadang pula mereka menjadi penengah dari setiap permasalahan. Ketakutan yang sering mereka rasakan adalah takut tidak dapat memberikan contoh yang baik kepada adik mereka. Selain itu mereka juga takut adik-adik mereka mengambil Langkah yang salh sama seperti mereka. Akhirnya mereka akan berusaha lebih terbuka kepada adik mereka terutama adik paling kecil karena mereka masih membutuhkan kasih sayang yang lebih. Mereka merasa hal ini merupakan cara yang tepat agar nanti jika adik-adik saya membutuhkan seseorang mereka akan ingat ada saya yang bisa mereka cari.

Dalam penjelasan singkat diatas yang ingin disampaikan adalah bahwa tidak sepenuhnya anak sulung yang pemarah atau terlihat tegas itu jahat. Terkadang manusia hanya memandang sebelah mata dengan memberikan cap kepada seseorang tanpa melihat sudut pandang orang tersebut. Justru meraka pada sela sela itu sedang berpikir apa mereka sudah memberikan yang terbaik? apa mereka sudah mengecewakan semuanya? dan berbagai tanda tanya lainnya.

Untuk itu saya akan memberikan 5 fakta unik tentang anak sulung yang belum banyak diketahui, yaitu:

1. Peduli

Tanpa kita sadari anak sulung sangat ingin memberikan perhatiannya lebih kepada keluarga. Namun, kebanyakan dari anak pertama memiliki gengsi yang sangat tinggi. Sehingga terkadang mereka memberikan perhatian tersebut dengan mengomeli atau mengomentari objeknya tersebut.

2. Mudah Tersinggung

                Dengan sifat anak pertama yang selalu ingin sempurna mereka menjadi mudah tersinggung terhadap pencapaian mereka yang belum sempat tercapai. Saat dibicarakan mungkin mereka hanya akan tersenyum sambil mendengarkan nasihat yang diberikan. Namun, dibalik itu semua mereka akan terus memikirkan hal tersebut hingga akhirnya menjadi stress.

3. Mudah Stress

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline