Lihat ke Halaman Asli

IT Governance - Pengelola Teknologi Informasi

Diperbarui: 21 Desember 2022   19:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Assalamualaikum, Hello everyone! hope you're all staying safe and healthy.

Disini saya ingin membahas artikel untuk memenuhi tugas mata kuliah saya yaitu EDP Audit, sebelumnya terima kasih kepada

 Dosen pengampu saya Ibu Julian Maradina ,S.E.,M.Si.,AKT.,CA.

(YUK KITA SIMAK ARTIKEL DIBAWAH INI !!!)

APA ITU PENGELOLAAN TI?

Pengelolaan TI (IT Governance) merupakan suatu bentuk perencanaan dalam menerapkan dan menggunakan TI yang digunakan oleh suatu organisasi agar sesuai dengan visi, misi dan tujuan dari organisasi. Untuk mengetahui sejauh mana peranan teknologi informasi telah dapat mempresentasikan tujuan bisnis organisasinya, perlu dilakukan evaluasi pengelolaan teknologi informasi melalui kegiatan audit.

Dalam melakukan audit, diperlukan sebuah standar yang bisa membantu agar terjadi yang valid dan reable . Standar yang digunakan adalah COBIT 4.1 dengan mengacu pada Balanced Scorecard. Standar COBIT (Control Objectives for information and related Technology) dipilih karena kerangka kerja COBIT memberikan gambaran paling detail mengenai strategi dan kontrol pengaturan proses teknologi informasi yang mendukung keselaran strategi bisnis dan tujuan teknologi informasi.

COBIT (Control Objectives for information and related Technology) 

COBIT 4.1 merupakan model standar pengelolaan IT yang dikembangkan oleh Information Technology Governance Institute (ITGI) dari Information System Audit dan Control Association (ISACA). 

COBIT 4.1 menguraikan good practice, domain-domain dan kerangka kerja IT yang ada. Tujuan Cobit adalah untuk mengembangkan melakukan riset dan mepublikasikan suatu standar teknologi informasi yang diterima umum dan selalu up to date untuk digunakan dala kegiatan bisnis sehari - hari.

COBIT memiliki fungsi untuk:

1. Meningkatkan pendekatan/program audit

2. Mendukung audit kerja dengan arahan audit secara rinci

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline