Lihat ke Halaman Asli

Aliva Rosdiana

edupreneur

Refleksi Diri Menginjak Tahun 2017

Diperbarui: 31 Desember 2016   18:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.pribadi

Setiap tahunnya doa yang sama selalu saya haturkan kepada Yang Maha Kuasa untuk lembaran yang lebih baik dan lebih barokah. Setelah yang saya alami di tahun 2016 banyak sekali pengalaman yang saya dapat. Baik pengalaman sebagai DPL KKL, presentasi konferensi di berbagai kota, membimbing skripsi kepada beberapa mahasiswa, memberikan pelatihan merajut yang tujuannya untuk Social Enterpreneurship, dan lain sebagainya. Oya termasuk beasiswa seminar yang kudapat dari UIN Sunan Ampel Surabaya di ajang International Conference ICONUCE 2016 menginap selama 4 hari di hotel Papilio Surabaya. Banyak sekali ilmu dan buku yang saya dapat secara gratis. Ilmu itu bagi saya begitu berharga. Berikut saya lampirkan beberapa foto sebagai refleksi tahun 2016. 

Dok.pribadi

Dok.pribadi

Pengabdian masyarakat di sekolah-sekolah yang diadakan oleh lppm unisnu Jepara memberikan pengalaman yang sungguh bagi saya dan partner, Santi Andreani, dan Aryanto bertajuk pembuatan buku bantal dari kain perca kepada para guru RA As-Syafi'iyah  dan MI As-Syafi'iyah Pekalongan, Jepara. Dengan mendatangkan narasumber, kami memberikan pelatihan buku bantal sebagai bahan ajar bagi para guru di kelas.

Alhamdulillah, proposal pengabdian  kami lolos dan diterima oleh LPPM Unisnu dan dalam pelaksanaannya sukses, terbukti dengan keantusiasan para guru dalam pelatihan pembuatan softbook tersebut. Pelatihan ini diadakan pada bulan Maret dan April 2016. Walaupun dalam pelaksanaannya terbatas oleh waktu, para guru tersebut tetap semangat ketika kami memberikan tugas untuk membuat buku bantal dan mengaplikasikannya di sekolah. Sehingga terjalin kerjasama yang baik antara kami para pengabdi dan sekolah tersebut.

Selanjutnya pengalaman berkesan saat mengikuti International Conference di Malang sebagai presenter dalam tajuk Language Culture and Asian Context 2016. Seminar ini dihadiri pula oleh keynote speakers dari Vietnam, Thailand, Malaysia, Kanada, dan masih banyak lagi. Banyak kenalan, diskusi dengan para presenter, dan kondisi sosial masyarakat dari daerah dan negara lain yang sangat sangat baru bagi saya. itu sungguh pengalaman yang sangat berharga yang tidak akan bisa terulang kembali.

Banyak pula ilmu yang saya dapat terutama professor dari UNM Malang ketika memberikan presentasi mengenai error analysis, dan budaya. Kami berempat Saya, Hayu Dian, Santi Andreani, dan Taufiqullah. Kami masing-masing presentasi di ruang yang berbeda-beda. Alhamdulillah kami saling support satu sama lain. Semoga di tahun 2017 bisa mengulang hal yang sama dengan pengalaman baru yang berharga. 

Dok.pribadi

Di kesempatan ke-dua sebagai presentasi di ajang internasional dan sedikit persaingan yaitu diselenggarakan di UIN Sunan Ampel Surabaya bertajuk ICONUCE (International Conference on University Community Engagement) 2016. Awalnya menulis tanpa kesengajaan hanya agar bisa sekalian pulang mudik dan berlibur di Surabaya, my hometown. Alhamdulillah bersama seorang teman Muh Syaifudin, kami berdua mendapat beasiswa dari kemenag (Alhamadulillahirobbil alamin) bersama beberapa presenter lain dari masing-masing daerah yang berbeda. Yang paling penting selain ilmu pengabdian berharga yang kami dapat, buku-buku yang diberikan sangat banyak. It was a precious moment I've never forgotten in my life. I wish it repeat again in 2017. Aamiin 3X YRA. 

Dok.pribadi

Dok.pribadi

Banyak sekali pengalaman berharga termasuk menjadi dpl (dosen pembimbing lapangan) di SMA Al Ma'arif Jepara menerjunkan mahasiswa PAI (pendidikan agama Islam) dan PBI(Pendidikan Bahasa Inggris). Alhamdulillah sukses dan lancar dan kerjasama yang baik dengan pihak sekolah termasuk guru pamong dari PBI sendiri yaitu pak Hadi dan PAI oleh bu Qomariyah. Semoga keduanya mendapat keberkahan dari Allah SWT. Saya ucapkan banyak terimakasi kepada mahasiswaku dan semua mitra yang memberikan rasa kekeulargaan bagi saya selama bekerjasama. 

Harapan di tahun 2017 ini semoga pengalaman serupa terulang termasuk beasiswa studi, beasiswa seminar, karya tulis, karya rajut, menjadi ibu yang terbaik buat anak-anak, dan mampu mengantarkan anak-anak kepada masa depan yang gemilang sesuai dengan cita-citanya. Aamin. Terutama agenda kkn dan kkl ke depannya semoga lancar dan sukses. Aaamiin. Semoga banyak pengalaman berharga yang saya dapat di tahun 2017 ini. Happy New Year 2017. God Bless You All. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline