Lihat ke Halaman Asli

Alip zawahri

Mahasiswa

Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Media Baru

Diperbarui: 1 April 2021   23:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Informasi merupakan sesuatu yang sangat penting bagi individu maupun masyarakat di era modern saat ini. Bahkan, informasi telah menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Dapat dikatakan bahwa informasi menjadi instrumen penting bagi masyarakat industri. Upaya yang dilakukan agar kebutuhan akan informasi tersebut dapat terpenuhi, digunakanlah media massa sebagai alat untuk memperoleh informasi.

Media juga dapat diartikan sebagai sebagai saluran yang mampu menghantarkan pesan oleh komunikator kepada komunikan. Media komunikasi konvensional adalah media komunikasi yang telah ditemukan terlebih dahulu sebelum media baru. Media konvensional biasa digunakan untuk mengirimkan atau menerima pesan dan informasi kepada masyarakat luas. Oleh sebab itu, media konvensional sering juga disebut sebagai media komunikasi massa. Berita pada media konvensional disajikan dalam berbagai bentuk seperti artikel, tajuk, feature dll.

Salah satu bentuk media cetak adalah surat kabar. Surat kabar merupakan media massa yang paling tua dibandingkan dengan jenis media massa lainnya. Media cetak biasanya berisikan informasi yang lebih terperinci, lengkap dan panjang. Kualitas jurnalisme konvesional seperti surat kabar ini dalam menyampaikan berita, sangat dipengaruhi oleh orang-orang yang berada di dalam media itu sendiri. Berdasarkan definisi komunikasi massa maka dapat diketahui bahwa komunikasi massa itu harus menggunakan media massa. Media massaadalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan dari sumber kepada khalayak (penerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti surat kabar, film, radio, dan televisi.

Media massa terus berkembang seiring dengan kemajuan alat teknologi hingga memunculkan media baru, seperti internet. Media baru merupakan sebuh terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung dengan jaringan. Media baru sangat beragam dan tidak mudah didefinisikan, tetapi media baru dan penerapannya dalam berbagai wilayah memasuki ranah komunikasi massa atau secara langsung/tidak langsung memiliki dampak terhadap media massa.

Dengan pergeseran generasi masyarakat dan perubahan gaya hidup tersebut maka media cetak semakin terancam kedudukannya dalam menyediakan informasi. Seiring dengan perkembangan teknologi dewasa ini, media massa terus berkembang hingga memunculkan adanya media baru, seperti internet. Adanya persaingan media dan pergeseran gaya hidup menimbulkan persoalan terhadap eksistensi surat kabar.Pengguna media cetak perlahan mulai beralih ke media elektronik.

 Banyak  perhatian diberikan pada munculnya internet sebagai media berita yang baru, hal ini termasuk gagasan bahwa kita akan memiliki akses berita yang lebih beragam dan relevan secara pribadi; bahwa kita akan memiliki akses kepada berita global. Hal yang mendorongorang untuk mencari berita adalah kemampuan berita untuk memberikan informasi.Sajian berita yang menarik dan bermanfaat akan memberikan kepuasan bagi orang yang mengkonsumsinya dan memungkinkan akan menurunkan tingkat ketidakpastian.

Internet merupakan singkatan dari interconnection-networking. Internet memiliki kemampuan untuk menghubungkan sejumlah komputer untuk membentuk suatu jaringan di seluruh dunia. Saat ini, Internet telah berkembang dengan pesat. Hal ini terlihat dari survei yang dilakukan oleh sebuah lembaga bernama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Dengan adanya internet, pengguna media dapat mengakses berbagai aplikasi dalam media baru.

Internet maupun media lama mampu saling menunjang satu sama lain. Ketika media lama digunakan untuk tahap membangun kesadaran (awareness) dari sebuah produk maka internet dapat menjadi lanjutan konsumen untuk memahami (knowledge) sebuah produk. Konsumen dapat mengenal produk yang ditawarkan secara menyeluruh karena informasi yang disajikan melalui halaman web mampu menampung informasi yang lebih banyak dibandingkan dengan media lama. Internet atau media baru dengan media lama memiliki perbedaan.  Perbedaan antara internet dengan media lama ditujukan pada jumlah konten informasi yang disajikan, kelompok umur, hingga akses medianya pun berbeda.

Hal ini dikarenakan perkembangan komunikasi disertai teknologi komunikasi dan media yang ada akan selalu berubah sejalan dan saling pengaruh mempengaruhi dengan perkembangan yang ada di dalam masyarakat. Oleh karena itu, kajian terhadap fenomena media baru haruslah selalu dilakukan untuk bisa menangkap dinamika yang terjadidalam hubungan media dan masyarakat.

#uad #ilkomuad




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline