Lihat ke Halaman Asli

AlinneAswinanda

Mahasiswa UNAIR

Tantangan Bangsa Indonesia dalam Pembangunan Pendidikan Nasional sebagai Negara Kaya Budaya

Diperbarui: 22 Agustus 2024   07:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan merupakan salah satu pondasi utama dalam pembangunan suatu bangsa ke arah yang lebih maju. Tanpa pendidikan, mustahil bagi sebuah bangsa bisa maju walaupun memiliki kebudayaan yang kaya sekalipun. Pendidikan berperan dalam proses pembangunan suatu bangsa dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan juga memiliki dampak yang besar dalam perkembangan identitas serta kebudayaan bangsa. Pendidikan di Indonesia tidaklah terlepas dari dinamika kebudayaan lokal dan nasional mengingat betapa beragamnya kebudayaan yang ada di Indonesia sejak zaman nenek moyang dahulu. Dengan 17.000 pulau dan beragam etnis, bahasa, serta tradisi, bangsa Indonesia dihadapkan oleh tantangan yang unik dalam proses pembangunan sistem pendidikan yang inklusif dan adaptif. Dalam wacana pembangunan pendidikan nasional sering kali menempatkan kebudayaan lokal di perpaduan antara pelestarian tradisi dan tuntutan modernisasi.

Tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam pembangunan pendidikan adalah bagaimana caranya menyusun pendidikan nasional dengan mempertimbangkan kebudayaan lokal yang sudah sejak lama diwariskan oleh nenek moyang bangsa Indonesia yang begitu kaya dan beragam, tanpa harus melakukan pengorbanan integrasi nasional. Selama ini, sistem pendidikan nasional di Indonesia lebih cenderung fokus kepada upaya pencapaian standar nasional yang seragam dan tidak jarang pula sistem pendidikan ini mengabaikan kekhasan budaya lokal Indonesia. Padahal, kunci untuk memajukan sistem pendidikan nasional di Indonesia adalah dengan membuat jembatan di antara pendidikan nasional dan keberagaman kebudayaan lokal dan nasional yang ada di Indonesia.

Untuk mewujudkan wacana pendidikan nasional dengan kebudayaan lokal dan nasional diperlukan dukungan dari pemerintah dalam pelaksanaan pengajaran kebudayaan lokal. Kerja sama antara sekolah, masyarakat, dan juga pemerintah haruslah diperkuat untuk mewujudkan wacana ini. Pembangunan sistem pendidikan di Indonesia tidaklah cukup jika hanya berfokus pada pencapaian nasional saja, tetapi juga harus dengan menyelaraskannya dengan keberagaman kebudayaan lokal dan nasional di Indonesia.

Nama : Alinne Aqila Aswinanda Jihanhaq

Fakultas : Ilmu Budaya

Prodi : Bahasa Dan Sastra Inggris

Kelompok Bradanaya : Kuntowijoyo




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline