Lihat ke Halaman Asli

Misunderstanding Orang Barat terhadap Kasus Poligami Nabi Muhammad SAW

Diperbarui: 18 Juni 2015   04:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Istri-Istri Nabi Muhammad Saw.

Wanita-wanita mulia yang telah dinikahi oleh Nabi Muhammad Saw. adalah sebagai berikut:

1. Khadijah binti Khuwailid. Ia dinikahi oleh Nabi Muhammad Saw. ketika berumur 40 tahun dan Nabi Saw. berumur 25 tahun. Ia adalah wanita pertama yang dinikahinya dan tidak pernah memadunya hingga Khadijah wafat.

2. Saudah binti Zam’ah. Ia dinikahi oleh Nabi Muhammad Saw. pada bulan Syawwal tahun 10 kenabian, beberapa hari setelah wafatnya Khadijah.

3. A’isyah binti Abu Bakar Ash-Shiddiq. Ia dinikahi oleh Nabi Saw. Pada bulan Syawwal tahun 11 kenabian, setahun setelah menikahi Saudah.

4. Hafshah binti ‘Umar bin Al-Khaththab. Ia dinikahi oleh Nabi Saw. Karena suaminya telah wafat di antara perang Badar dan Uhud.

5. Zainab binti Khuzaimah. Ia diberi gelar Ummul Masakin (Ibunya orang-orang miskin) karena kedermawanannya kepada fakir miskin. Nabi saw. menikahinya karena suaminya, Abdullah bin Jahsy mati syahid dalam perang Uhud. Dua atau tiga bulan setelah pernikahan ini, ia wafat.

6. Ummu Salamah Hindun binti Abu Umayyah. Nabi Saw. menikahinya pada bulan Syawwal tahun 4 hijriyah.

7. Zainab binti Jahsy. Ia adalah anak paman Nabi Saw. Sebelumnya, ia adalah istri Zaid bin Haritsah, anak angkat Nabi Saw.

8. Juwairiyah binti Al-Harits. Ia adalah tawanan yang dimerdekakan oleh Nabi Saw. Lalu Nabi Saw. menikahinya.

9. Ummu Habibah Ramlah binti Abi Sufyan. Sebelumnya, ia hijrah ke Habasyah bersama suaminya, Ubaidillah bin Jahsy. Namun, Ubaidillah murtad dan meninggal di sana. Setelah itu, Nabi Saw. mengirim surat dan melamarnya kepada raja Najasyi pada bulan Muharram tahun 7 hijriyah. Selanjutnya raja Najasyi menikahkannya dengan Nabi Saw.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline