Kali ini kita akan mencoba membuat satu contoh Modul ajar yang menggunakan mata pelajaran IPAS. Dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas komponen modul ajar seperti di bawah ini:
Untuk membuat modul ajar yang utuh kita tinggal melengkapi komponen-komponen yang lain.
Kompetensi prasyarat peserta didik didapatkan dari asesmen diagnostik yang dilakukan di awal. Saat merancang kegiatan kita bisa melihat lagi ATP, ruang lingkup materi pemahaman bermakna, dan rencana asesmen yang sudah direncanakan sebelumnya. Pada contoh kali ini kita akan membuat modul Ajar IPAS dengan mode pembelajaran Daring. Kegiatan yang dirancang berdasarkan visi-misi sekolah.
Berdasarkan ATP yang kita punya, kita lihat alokasi waktu dan jumlah pertemuan untuk ruang lingkup materi yang akan dibuat modulnya. Berdasarkan diatas kita memiliki alokasi waktu 5x tatap muka dengan durasi selama tatap muka selama 2 JP dari tujuan pembelajaran alokasi waktu dan rencana asesmen yang sudah dibuat. Kita membuat gambaran besar untuk setiap pertemuan. Seperti kita membuat kerangka kegiatan ruang lingkup daur air di fase B. Setelah memiliki kerangka kegiatan untuk setiap pertemuan kita tinggal membuat rincian kegiatan untuk setiap pertemuan. Termasuk pertanyaan pemantik serta sarana prasarana yang dibutuhkan.