Lihat ke Halaman Asli

Ali Maksum

Education is the most powerful weapon.

Asas Trikon: Penerapannya di Dalam Kelas.

Diperbarui: 15 Mei 2023   09:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SMP Paramount

Kali ini kita akan membahas tentang asas trikon seperti yang pernah disinggung pada postingan sebelumnya yaitu Trikon: Kontunyu, konvergen dan Konsentris. Bagaimana asas trikon dalam pendidikan dan contoh penerapannya di dalam kelas? untuk memahami tujuan dan asas pendidikan berdasarkan pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentunya asas tersebut harus diterapkan dalam kelas. 

Pendidikan adalah suatu proses yang dinamis. Pendidikan terus berubah dan berkembang sesuai dengan kindisi zaman dan juga kondisi murid. Jangan dibayangkan sistem pendidikan sebagai sebuah sistem besar yang hanya dapat dipikirkan dan diurus oleh para pakar dan penentu kebijakan di pusat. Sekolah juga bahkan kelas merupakan suatu sistem pendidikan dengan ruang lingkup kecil, namun merupakan ujung tombak berjalannya sistem pendidikan. Setiap sekolah memiliki kondisi dan permasalahan masing-masing sehingga pengembangan satu sekolah dengan sekolah lain sangat beragam sesuai denagn karakteristik lingkungannya. 

Misalnya dalam hal ini kondisi geografis Indonesia yang beragam mendorong proses pendidikan yang dinamis. Sekolah yang berada dilingkungan pantai dapat mengkontekstualkan pendidikannya sesuai dengan lingkungan pantai tempat murid tinggal, seperti menanam pohon bakau untuk mencegaj abrasi pantai. Begitu pula sekolah yang berada di pegunungan, guru dapat mengajak murid untuk menjaga pohon agar terhindar dari bahaya tanah longsor. Dengan demikian guru mengfasilitasi proses belajar murid sesuai dengan keadaan lingkungan murid dan potensi tyang dimiliki sehingga murid dapat melihat hubungan antara dirinya dengan lingkungan, masalah, serta potensi yang terhubung pada dirinya dengan proses yang berjalan secara dinamis. 

Bagaimana menerapkan pembelajaran bermakna berdasarkan asas trikon?

1. KONTINYU.

Maksud dari kontinyu adalah pengembangan secara berkesinambungan, dengan terus menerus dengan perenacanan yang baik. Seperti halnya budaya dan kebudayaan itu bersifat kontinyu (bersambung tak putus-putus) dari zaman penjajahan sampai zaman kemerdekaan, perkembangan dan kemajuan kebudayaan serta cara hidup bangsa terus menerima pengarush nilai-nilai baru.  Proses pembelajaran sejatinya tidak pernah putus. Usaha sadar dan menikmati setiap proses belajar dilakukan secara sukarela. Kemauan belajar, rasa ingin tahu dan motivasi internal dalam diri murid perlu distimulasi sehingga akan melahirkan murid yang memiliki kemampuan pengaturan kegiatan belajarnya sendiri atau self regulatory learning . 

Dalam pembelajaran lingkungan hidup misalnya guru dapat mengajak murid berkegiatan di halaman dan dilingkugan di sekitar sekolah kemudian guru meminta murid untuk mengamati dan memberikan beberapa pertanyaan pemantik diskusi. misalnya bagaimana lingkungan yang mereka amati berpengaruh dalam hidupnya?  atau pertanyaan bagaimana mereka turut serta mengaruhi lingkungannya?  

Dengan berbagai pemantik pertanyaan di atas diharapkan murid dapat menjawab berbagai hal yang mereka temuai secara langsung seperti pohon-pohon, pot bunga tempat sampah, sampah yang tertinggal di halaman sekolah atau bahkan menceritakan pengalaman dilingkungan rumahnya masing-masing. Proses dialog yang terjadi memberikan ruang kepada murid untuk mengkpresikan rasa yang mereka miliki dan mereka temukan. Kemudian jika ada murid yang merasa tidak tertarik dengan lingkungan sekolah yang dikunjungi guru dapat berdialog mengenai lingkunagn seperti apa yang ingin mereka kunjungi dan menarik untuknya.

Berikut ini beberapa peran guru yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

a. Guru mengfasilitasi murid untuk menentukan tujuan apa yang ingin dipelajari .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline