Guru merupakan profesi yang semua cita-cita di dunia ini semuanya di cetak oleh seorang guru baik formal maupun informal. profesi ini sangatlah istimewa meskipun sampai sekarang masih dipandang sebelah mata namun tetap akan bergerak kearah yang lebih baik. Setiap hari seorang guru menghadapi berbagai jenis anak yang mempunyai karakter yang berbeda-beda. Karakter yang berbeda tersebut juga didukung dengan background keluarga dan kemampuan yang berbeda juga untuk itu dalam program guru penggerak diberikan pembelajaran berdiferensiasi. Guru yang mampu menerapkan pengajaran ini sudah hampir dipastikan guru yang mampu memimpin dengan baik siswa dan siswi mereka dengan taraf `adil`.
Untuk melatih kepemimpinan maka menjadi seorang guru adalah hal yang tepat jika dinilai sebatas bagaimana memanajemen orang-orang, terlepas dari pengetahuan yang lain. Karena menjadi seorang guru hampir semua skill kepemimpinan sudah masuk di dalamnya dan hebatnya guru menghadapi dan mempraktikannya setiap hari.
Ada 5 hal yang harus di lakukan oleh seorang guru sebagi seorang pemimpin kelas. 5 hal itu antara lain:
1. Mempengaruhi
Guru dalam mengajar tidak hanya mentransfer pengetahuan namun bagaimana seorang guru mempunyai metode yang tepat agar pelajaran yang diberikan dapat diterima dan dipahami oleh peserta didik dengan baik. skill mempengaruhi denga kemampuan yang tepat di dalamnya turut memberikan andil besar. Untuk itulah berbagai pelatihan bagaimana membuat media pembelajaran atau bagaimana berkomunikasi dengan baik harus terus di upgrade karena setiap tahun guru harus menghadapi siswa yang berbeda. Pengajaran kepada peserta didik merupakan proses mempengaruhi agar peserta didik mengikuti dan menjalankan atas apa yang diajarkan.
2. Menggerakkan
Pengetahuan yang baik harus mampu menggerakkan siswanya untuk berbuat sesuatu baik dalam waktu dekat maupun dimasa depan. Sebagai contoh jika seorang guru memberikan pengetahuan tentang kondisi alam yang memprihatinkan akibat pencemaran , penggundulan hitan dll, jika pengetahuan tersebut diterima oleh siswa maka dan hal itu disampaikan dengan tepat dan dengan media yang menarik maka akan terpatri di otak anak. Jika sudah tertanam dengan baik maka mereka juga akan bergerak berbuat sesuatu dengan pengetahuan tersebut. Pergerakan juga dapat dilakukan dengan secara langsung pada saat pengajaran seperti bagaimana membuat para siswa mengikuti instruksi guru dengan pembelajaran projek dan menyelami proses kreatifitas. Guru hanya menggerakkan namun dalam prosesnya siswa akan menemukan kreatifitas mereka masing-masing.
3. Mengembangkan.
Mengembangkan adalah proses tindak lanjut secara positif dari sesuatu yang telah didirikan, terjadi atau yang telah dimulai. Dalam proses pengembangan seorang guru membutuhkan inovasi dan kretifitas ide dalam mengambangkan proses pembelajaran agar peserta didik dapat berkembang baik pemikiran mereka maupun dari segi pengetahuan. dalam prose pengembangan juga butuh upaya kolaborasi antar peserta didik, komunikasi yang baik juga di dalamnya memobilisasi dari proses pergerakan sebelumnya.
4. Memberdayakan.
Bagi guru pemberdayaan merupakan usaha yang untuk memotivasi, mendorong, membangkitkan kesadaran kepada peserta didik agar menemukan inisiatif dari diri mereka sendiri. Proses seperti ini bukanlah persoalan yang mudah namun perlu usaha yang terus menerus agar proses pendayagunaan yang bersumber dari kesadaran diri tersebut muncul dari diri peserta didik. Jika seorang guru berhasil menemukan cara untuk memberdayakan maka proses pendidikan tersebut 80% akan dinilai berhasil melekat pada diri peserta didik yang akhirnya akan dibawa sepanjang hayat.