Lihat ke Halaman Asli

Alika Faza Qinthara

Mahasiswi yang sedang menempuh pendidikan di salah satu universitas negeri di Jakarta.

E-Commerce Sebagai Wadah dalam Transaksi Jual Beli di Era Digital

Diperbarui: 3 Januari 2021   22:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Seperti yang kita ketahui, zaman semakin maju sehingga kehidupan di dalamnya terus berkembang menciptakan hal – hal baru yang lebih efektif dan efisien. Begitu juga dalam bidang jual beli, seiring berkembangnya zaman,  kegiatan jual beli semakin maju. Kegiatan jual beli sekarang ini dapat dilakukan secara online dari rumah menggunakan smartphone dan sejenisnya. Hal tersebut tentu sangat memudahkan konsumen karena tidak perlu repot –repot keluar rumah dan juga produsen karena dapat menawarkan produk atau jasanya tanpa bertemu secara langsung dengan konsumen.

Electronic Commerce atau yang dikenal dengan E-commerce merupakan sebutan yang digunakan untuk penjualan barang dan jasa melalui internet. Melalui e-commerce ini pembeli hanya tinggal mengetikkan apa yang sedang dicari atau diinginkan pada kolom pencarian, kemudian barang tersebut akan tertera beserta harga dan deskripsi nya, apabila tertarik konsumen dapat memasukannya ke keranjang belanja.

Pada era digital ini pengguna aktif smartphone tentu semakin meningkat, karena kemudahan yang diberikan. Namun, tidak semua pengguna aktif smartphone berbelanja online atau melalui e-commerce. Karena sebagian orang masih tidak percaya akan produk yang tidak sesuai dengan deskripsi yang tertera, pengiriman yang lama, serta penjual yang kurang responsif. Tidak bisa dipungkiri, bahwa sebagian lainnya menyukai belanja online atau melalui e-commerce. Desain UI atau User Interface yang merupakan desain antarmuka pengguna adalah desain untuk komputer, perangkat komunikasi mobile, aplikasi perangkat lunak dan situs web yang berfokus pada pengalaman pengguna dan interaksi, merupakan hal yang sangat penting bagi aplikasi e-commerce. Desain yang menarik dan mudah diakses dapat meningkatkan minat untuk berbelanja di aplikasi tersebut.

Dalam belanja online atau melalui e-commerce, konsumen biasanya berbelanja produk kecantikan, pakaian, barang elektronik, alat tulis kantor, dan lainnya. Selain itu ada juga jasa yang ditawarkan, seperti jasa membersihkan rumah atau ruangan, bahkan sekarang konsultasi dengan dokter bisa melalui aplikasi online. Alasan yang mendasari seseorang menyukai bahkan ketagihan belanja online yaitu ada nya gratis ongkos kirim, banyak potongan harga atau diskon, dan sistem cashback yang ditawarkan.

Sebelum berbelanja melalui e-commerce, konsumen dapat melihat ulasan yang diberikan oleh konsumen sebelumnya. Hal tersebut dilakukan untuk mempertimbangkan pembelian. Ulasan yang paling bermanfaat bagi konsumen yaitu gambar atau video, rating penilaian dan komentar yang disertakan. Namun, dalam membaca ulasan terkadang ada beberapa kendala yang dialami, seperti gambar yang disertakan tidak sesuai, dan sulit memahami komentar yang kurang jelas.

Kritik dan saran konsumen terhadap aplikasi e-commerce tentu sangat dibutuhkan, untuk memperbaiki sehingga aplikasi nya lebih baik lagi dan semakin menarik. Dalam berbelanja online, konsumen tentu mempunyai harapan agar deskripsi produk sesuai dengan produk aslinya, penjual yang jujur dan tanggap dalam merespon pertanyaan konsumen, produk yang asli atau original, serta transaksi pembayaran yang aman dan terpercaya. Selain itu, produsen tentu memiliki harapan yaitu mengharapkan agar para pembeli tidak membatalkan produk yang sudah di pesan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline