Lihat ke Halaman Asli

NoLimit Indonesia

NoLimit adalah perusahaan teknologi yang berfokus untuk memonitori dan analisis pada media online dengan menggunakan teknologi Big Data.

Siapa yang Harus Menggunakan Social Media Listening Tools?

Diperbarui: 7 Oktober 2019   08:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Banyak orang belum mengetahui bahwa media monitoring/social media listening tools kali ini sudah digunakan banyak praktisi bisnis. Tren digital yang semakin meningkat beberapa tahun belakangan ini kini tersebar luas di berbagai macam industri.

Fitur yang luas, disertai dengan media sosial sebagai sumber data utama, menjadikan social media listening tools adalah sebuah tools yang kaya akan manfaat. Mengapa dikatakan begitu?

Hal ini disebabkan karena social media listening tools disokong oleh media sosial, yang tak lain merupakan platform dengan ribuan data yang bervariasi, luas, dan dapat beradaptasi atas segala isu.

Media sosial adalah hasil dari marketing research otomatis yang perusahaan Anda cari sejak bertahun-tahun yang lalu. Anda akan menemukan data pasar yang Anda cari di media sosial. 

Karena kekayaan data inilah, kegunaan social media listening tools dapat diadaptasikan untuk banyak industri. Bukan hanya perusahaan dengan produk brand atau pemerintah, tapi adaptasinya bisa digunakan lebih dari itu.

Marketing & Advertising Industries

Perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang marketing; seperti agensi, tidak akan pernah lepas dari sebuah data pasar.

Marketing adalah suatu bidang yang selalu ada di setiap perusahaan, dan sangat diakui kepentingannya. Marketing adalah suatu bidang yang memastikan bahwa penjualan terus terjadi dan menghasilkan profit untuk perusahaan.

Agensi, adalah perusahaan yang khusus fokus pada kegiatan marketing, yang biasanya difokuskan pada branding produk atau iklan. Perusahaan biasanya memberikan proyek rebranding/branding produknya untuk dikelola oleh agensi yang dianggap sebagai ahlinya.

Maka itu, agensi, memerlukan teknik dalam menjalankan strategi marketing yang sesuai dengan harapan kliennya. Data pasar merupakan salah satu strategi yang perlu dimiliki agensi. Data tersebut akan berfungsi menjadi sumber ide dari cara-cara branding yang ditawarkan pada klien.

Media sosial, kali ini menjadi sebuah sumber data yang besar, yang dapat diolah sedemikian rupa dan didapatkan secara langsung dari konsumen. Agensi tidak perlu melakukan riset pasar dari nol lagi. Social Media Listening Tools memungkinkan agensi untuk langsung menarik data yang ada di media sosial dan menganalisisnya sebagai sumber strategi marketing yang dapat ditawarkan kepada klien.

Dengan Social Media Listening Tools, agensi juga dapat mendapatkan keuntungan lain. Selain mendapatkan data pasar di media sosial secara real-time, agensi juga dapat memantau kegiatan brand campaign yang dilakukan atas seluruh kliennya secara bersamaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline