Lihat ke Halaman Asli

Alif sufrayit

Guru bahasa Indonesia

Mahasiswa KKN di Desa Cihaur Universitas Muhadi Setiabudi Brebes Membuat Gapura di Perbatasan Desa Cihaur

Diperbarui: 3 Agustus 2023   14:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mediakknumus2023

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata kelompok Desa Cihaur Universitas Muhadi setiabudi Brebes membuat gapura perbatasan di Dusun Karang Gede,Kecamatan Banjarharjo, Kab. Brebes Sabtu-minggu (31-31/7/2023).

Pembuatan gapura tersebut dilaksanakan oleh 23 mahasiswa KKN reguler maupun non reguler

Devisi pengembangan, Alif sufrayit mengatakan, pelaksanaan program tersebut bertujuan memudahkan masyarakat dengan berbagai keperluan untuk menemukan Dusun Karang Gede,karena sebelumnya hanya ada pos dan tulisan-tulisan di semen, tidak ada tulisan "Selamat Datang di Dusun Karang Gede" sehingga sulit diketahui daerah ini, terutama orang asing yang melintasi jalan tersebut.

"Gapura merupakan suatu struktur bangunan berupa pintu masuk yang menjadi tanda saat memasuki sebuah wilayah. Kelompok KKN UMUS 2023 Desa Cihaur berinisiatif untuk membuat gapura bagi warga Dusun Karang Gede yang nantinya akan menjadi pembatas di desa tersebut.," katanya.

Lanjut , gapura ini dibuat dari bahan bajaringan yang di beli dari tokoh bangunan yang ada di sekitar desa, gapura tradisional dan dapat menjadi simbol keramahan tuan rumah yakni masyarakat Karang gede terhadap masyarakat luar yang hendak berkunjung. Selain itu, di sisi kiri dan kanan di buat bendera merah-putih yang merupakan wujud cinta tanah air Republik Indonesia.

"Kami mengadakan program kerja membangun gapura dengan tujuan memperjelas jalur masuk masyarakat yang ingin melintasi di Dusun Karang Gede, "tutur Alif Sufrayit.

Masyarakat menyebut dengan baik acara ini, selain sebagai pembatas dengan desa Cihaur tetangga, adanya gapura dapat mempromosikan daerah Dusun Karang Gede itu sendiri, tidak ramai yang mengetahui secara geografis daerah ini.

"Hal ini memudahkan bagi pendatang maupun mahasiswa KKN semester depan serta dosen DPL dalam mengunjungi tempat tersebut," tutupnya.

Penulis : Alif Sufrayit Mahasiswa (KKN) UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI BREBES.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline