Lihat ke Halaman Asli

alif rohman

Penulis Lepas

Ragam Organisasi di Indonesia

Diperbarui: 14 Agustus 2024   08:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Jika berbicara mengenai ragam organisasi di Indonesia, tentu tidak lepas dari organisasi-organisasi yang ada berikut. Pramuka, GP Anshor maupun FPI. 

Organisasi-organisasi tersebut sangat sering kita temui ketika Indonesia mengalami bencana alam. 

Dilansir dari antara.news, Tim relawan yang tergabung dalam Banser Tanggap Bencana (Bagana) pada bencana alam terdahulu pernah diterjunkan sebanyak seribu anggota. Bagana diterjunkan ke kawasan bencana terdampak banjir, seperti di Kalimantan Selatan, Riau, Demak, Kudus, Boyolali, Brebes, Cianjur dan Sumedang.

"Di Brebes, Bagana bersama warga juga membangun tanggul penanganan banjir di bantaran Sungai Cisanggarung, Pasarbatang," katanya.

Selain itu dilansir dari republika, Front pembela islam telah melakukan upaya bantuan kepada para korban bencana Tsunami Aceh, Gempa Sumatra Barat, Tsunami selat sunda dan Banjir DKI Jakarta.

Sedangkan dilansir dari info publik.id, pramuka telah membantu menangani bencana pada erupsi gunung semeru beberapa waktu lalu.

Organisasi-organisasi tersebut sangat berperan dalam membantu upaya penanggulangan bencana yang ada di Indonesia bersama dengan badan penanggulangan bencana resmi negara seperti BPBD, maupun TNI dan Polri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline