Lihat ke Halaman Asli

alif rohman

Penulis Lepas

Piagam Kompetisi Online dalam PPDB

Diperbarui: 5 Juli 2024   13:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Persaingan yang ketat pada penerimaan peserta didik baru jalur prestasi memunculkan alternatif para calon siswa untuk dapat bersaing dalam jalur ini.

Salah satunya ialah dengan mengkuti kompetisi online yang diadakan oleh lembaga-lembaga kompetisi. Dalam kompetisi ini seleksi dilakukan secara online. Peserta yang mengikuti kompetisi juga dari beragam wilayah di Indonesia. Sehingga skala kompetisi dapat dikategorikan nasional. 

Dalam kompetisi online para siswa bersaing sesuai dengan jenis lomba yang di ikuti. Seleksi secara online relatif lebih terdapat keleluasaan dalam segi waktu dan tehnik kompetisi.

Kompetisi online juga menghadirkan jumlah pemenang lomba dalam jumlah yang lebih banyak. Sebagai contoh pemenang suatu kompetisi tertentu dapat diraih oleh lebih dari 5 pemenang untuk juara 1. Bahkan bisa 10.

Sebagaimana kompetisi lainnya. Jenis kompetisi ini juga memberikan hadiah bagi para pemenang, piagam maupun mechandise tak luput diberikan untuk para pemenang.

Pada penerimaan peserta didik baru, piagam sangat berarti bagi para calon siswa. Tambahan nilai yang diberikan pada para siswa juga beragam tergantung tingkat kompetisi yang di menangkan. Kompetisi online ini tentu perlu menjadi pertimbangan penyelenggara PDB agar tidak merugikan calon peserta didik lain.

Kompetisi yang dilakukan tidak berjenjang namun langsung tingkat nasional terlalu menguntungkan bagi para peserta. Setelah pandemi covid seperti saat ini, kegiatan kompetisi-kompetisi yang diselenggarakan lembaga resmi semakin tumbuh kembali. Peserta yang mengikuti kegiatan ini pun semakin banyak dan persaingan semakin ketat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline