Lihat ke Halaman Asli

alif laela

mahasiswa

Mengenal Lebih dalam Pengalaman Belajar Bahasa Arab dengan Program Arabic Online Versi SEU

Diperbarui: 26 April 2022   23:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Sebelum kita memutuskan pilihan aplikasi ataupun web rujukan yang akan digunakan untuk belajar bahasa asing dalam jangka panjang, pasti kita juga akan mencari tahu terlebih dahulu aplikasi apa saja yang dapat menjamin kualitas yang di tawarkan. Nah, disini ada rekomendasi web yang dapat dipercaya khususnya untuk yang ingin belajar Bahasa Arab dengan praktis dan efisien.

Program Arabic Online versi SEU  adalah program yang mengajarkan Bahasa Arab online dengan model terbaru  yang ditawarkan oleh SEU (Saudi Electronic University). Sasaran dari program ini ialah berbagai penutur asing dari berbagai mancanegara, salah satunya yaitu Indonesia. Dengan adanya program ini banyak dari penutur bahasa asing yang terbantu dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab, karena program ini dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, hingga di seluruh dunia. Dengan keunggulan program yang ditawarkan tersebut, keindahan bahasa Arab akan dapat dinikmati oleh peminat Bahasa Arab di seluruh dunia.

Di dalam program ini ada beberapa tingkatan pengajaran yang didasarkan pada Kerangka Kerja Acuan Eropa Umum untuk Bahasa. Kursus ini disajikan dengan modul yang sudah terintegrasi dengan empat keterampilan berbahasa, yaitu istima' (mendengar), kalam (berbicara), qiro'ah (membaca), dan kitabah (menulis). Program ini juga menggabungkan format virtual dan belajar mandiri, dengan memanfaatkan platfrom pembelajaran bahasa dunia.

Untuk memulai pembelajaran dengan platform ini, pengguna harus melakukan tes penempatan guna menentukan tingkat kelas yang harus pengguna ambil. Tes yang diberikan dalam tes ini menggunakan model soal tingkat dasar yang mana benar-benar digunakan untuk menetapkan kelas yang sesuai bagi para pengguna. Mulai dari soal huruf hijaiyah, suara dalam bahasa Arab, nahwu, shorof, dan lain sebagainya. Program ini memiliki 16 tingkatan yang mana akan diajarkan mulai dari dasar pembelajaran Bahasa Arab bagi yang masih dalam tahap pengenalan di tingkat bawah.

Pembagian tingkatan tersebut dirinci sebagai berikut: tingkat 1,2, dan 3 masuk dalam dalam kategori pemula. Tingkat 4, 5, dan 6 masuk dalam kategori dasar. Tingkat 7, 8, dan 9 masuk dalam kategori menengah. Tingkat 10, 11, dan 12 masuk dalam kategori menengah atas. Tingkat 13, 14, dan 15 masuk dalam kategori lanjutan. Dan yang terakhir yaitu tingkat 16 masuk dalam kategori mahir.

Dengan adanya tes penempatan ini, pemula yang masih belum mempunyai ilmu dasar tidak akan merasa kesulitan dan mudah untuk mempelajari Bahasa Arab dengan dasar-dasar yang mudah tanpa takut tertinggal. Begitupun bagi yang sudah mahir, dapat lebih luas untuk menambah wawasan tanpa takut harus mengulang materi yang masuk dalam kategori pemula, dasar, menengah, maupun menengah atas.

Banyak sekali kelebihan yang diberikan oleh program ini, dimulai dari fasilitas belajar online yang dapat digunakan jarak jauh kapanpun dan dimanapun, gratis, pengajaran yang dimulai dari level bawah hingga atas, menggunakan penutur asli atau native, bahan pembelajarannya juga menggunakan ratusan bahan autentik. Audio file dan video pembelajaran juga sangat baik, dan sangat fleksibel bagi pelajar yang mempunyai banyak kesibukan sehari-hari.

Dengan adanya kelebihan dari sebuah platform ini, tentunya juga pasti ada kekurangan yang menyertai, baik kekurangan dasar maupun kekurangan tingkat tinggi. Akan tetapi, sejauh ini paltform ini hanya terdapat kekurangan terkait adanya  kesulitan dalam membuka link web tersebut. Dikarenakan ini merupakan platform berbasis online, maka pastinya membutuhkan jaringan yang kuat pula. Jika tidak, akan membutuhkan jangka waktu yang lumayan lama untuk membuka platform ini untuk mendaftar.

Nah, bagaimana readers??? Apakah kalian berminat dan sudah mulai tertarik dengan platform ini??? Tentunya tertarik yaa, karena sudah gratis dan fleksibel pula. Bagi kalian yang penasaran dan ingin langsung mendaftar cusss kepoin websitenya di laman https://arabic.seu.edu.sa/  . Tetap semangat dan semoga bermanfat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline