Lihat ke Halaman Asli

Alif Izzulhaq

Mahasiswa

5 Cara Menolak Permintaan Tanpa Perlu Merasa Bersalah

Diperbarui: 30 Oktober 2022   10:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi menolak permintaan orang lain (pixabay/Jamesoladuyoje)

Saat menjalani kehidupan ada saatnya kamu harus menolak permintaan dari orang lain. Karena sejatinya diri kita tidak mampu untuk memenuhi setiap permintaan yang orang lain berikan karena berbagai hal dan penyebab. Namun banyak orang yang justru sering merasa bersalah saat menolak permintaan orang lain. Padahal mereka sudah jelas tidak mampu untuk memenuhi permintaan tersebut.

Dalam hidup ini kamu harus belajar tentang berbagai cara penolakan karena kamu tidak dapat melakukan setiap hal yang ada di dunia ini. Kamu juga tidak bisa memenuhi semua ekspektasi dan permintaan orang lain kepada dirimu. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menolak permintaan orang lain tanpa harus merasa bersalah. Berikut ini adalah beberapa cara untuk dapat menolak permintaan orang lain tanpa harus merasa bersalah.

1. Memberi alasan yang jelas

Saat kamu tidak bisa membantu orang lain dengan memenuhi permintaannya maka kamu harus bisa memberikan alasan yang jelas dan logis kepada orang tersebut. Dengan memberikan alasan yang jelas maka orang tersebut akan mengetahui bahwa dirimu tidak dapat memenuhi permintaannya karena sebuah alasan, bukan tidak ingin membantu. Orang tersebut juga akan memahami alasanmu jika alasan yang diberikan merupakan alasan yang logis.

2. Tolak dengan cepat tanpa ada basa-basi

Saat kamu sudah tahu bahwa dirimu tidak bisa memenuhi permintaan orang lain maka alangkah baiknya kamu langsung menolak permintaan tersebut tanpa harus ada basa-basi. Kamu harus sadar bahwa menolak permintaan dengan basa-basi hanya akan memancing emosi dari orang tersebut. Karena sejatinya orang yang meminta bantuanmu membutuhkan sebuah kepastian bukan hanya alasan yang banyak.

3. Menunda waktu pemberian bantuan

Jika memang kamu tetap merasa bersalah karena tidak bisa memenuhi permintaannya maka kamu dapat menunda waktu untuk membantu orang tersebut. Jika memang orang tersebut masih memiliki banyak waktu maka kamu dapat mengajukan waktu lain kepada orang itu. Kamu dapat mengajukan waktu lain yang dimana kamu sudah siap untuk mengabulkan permintaannya. Sehingga kamu masih mempunyai kesempatan untuk mengabulkan permintaan orang tersebut.

4. Memberi alternatif lain

Saat kamu mau menolak permintaan dari orang lain maka alangkah baiknya kamu juga memberikan alternatif lain kepada orang tersebut. Alternatif lain tersebut bisa berupa saran kepada orang tersebut atau kamu dapat menunjuk seseorang yang dapat menggantikanmu dalam memenuhi permintaan tadi. Mungkin orang yang mempunyai permintaankepadamu akan merasa sedikit kecewa namun mereka juga akan terbantu karena alternatif yang telah kamu berikan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline