Lihat ke Halaman Asli

Alif Izzulhaq

Mahasiswa

4 Tips Belajar Bahasa Asing Hanya Bermodalkan HP, Sudah Tahu?

Diperbarui: 25 Oktober 2022   15:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi belajar bahasa asing (pixabay/Libellule789)

Saat ini kita berada di era globalisasi. Di era ini kita sudah tidak lagi mengenal yang namanya batasan jarak dan waktu. Sehingga setiap manusia dapat membangun hubungan dengan manusia lainnya dengan mudah, tidak peduli seberapa jauh jaraknya mereka terpisah. Setiap orang dari suatu negara dapat menjalin komunikasi dengan mudah kepada orang dari negara yang lainnya. Namun yang menjadi permasalahan saat ini adalah kita belum tentu bisa berkomunikasi dengan bahasa dari negara lain.

Setiap negara tentunya memiliki bahasa masing-masing untuk berkomunikasi. Jika kamu ingin berkomunikasi dengan orang dari negara lain maka kamu harus bisa menggunakan bahasa dari negara tersebut, atau paling tidak kamu dapat berkomunikasi dengan bahasa inggris yang menjadi bahasa internasional saat ini.

Oleh karena itu saat ini kemampuan berkomunikasi dengan bahasa asing menjadi salah satu skill penting yang harus dimiliki oleh setiap orang. Saat ini kamu tidak hanya bisa mempelajari bahasa asing di bangku sekolah, kamu juga dapat mempelajari bahasa asing di tempat lain seperti di rumah. Sejatinya kamu dapat belajar bahasa asing di rumah hanya bermodalkan HP yang kamu miliki. Berikut ini empat tips untuk dapat belajar bahasa asing hanya dengan bermodalkan HP.

1. Membuat jadwal

Hal yang paling awal harus kamu lakukan adalah membuat jadwal di HP yang kamu gunakan. Tujuan dari membuat jadwal ini adalah untuk membuatmu konsisten dalam belajar bahasa asing setiap harinya. Karena saat kamu ingin belajar bahasa asing maka salah satu kuncinya adalah kamu harus konsisten. Kamu tidak perlu membuat jadwal yang terlalu lama dalam sehari, cukup belajar selama 30-40 menit sehari. Setelah itu cobalah untuk mempraktekkan apa yang telah kamu pelajari.

2. Menggunakan aplikasi duolingo

Saat kamu belajar bahasa asing dengan HP kamu dapat menggunakan aplikasi duolingo untuk membantu pembelajaranmu. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat membantumu belajar bahasa asing dengan mengerjakan beberapa tugas yang disediakan oleh aplikasi ini. Selain itu di aplikasi ini juga ada banyak pilihan bahasa yang dapat kamu pelajari. Jadi jika kamu ingin belajar banyak bahasa asing kamu cukup belajar dengan menggunakan satu aplikasi saja.

3. Membaca artikel dengan bahasa asing 

Selain mempelajari beberapa teori bahasa asing kamu juga dapat melatih skill membaca dalam bahasa asing dengan rajin membaca artikel-artikel dari media luar negeri. Kamu dapat membaca artikel dari media seperti CNN dan BBC News. Jika kamu adalah seorang penikmat olahraga maka kamu dapat membaca artikel olahraga dari situs SkySports dan Goal.com.

4. Menggunakan media youtube dan aplikasi streaming video

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline