Lihat ke Halaman Asli

Alif Izzulhaq

Mahasiswa

6 Prinsip Hidup Orang Jepang untuk Meraih Kesuksesan

Diperbarui: 19 Oktober 2022   08:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

prinsip hidup orang jepang (pixabay/Sasint)

Jika kita mau membicarakan negara Jepang maka kita juga tidak boleh melupakan penduduknya. Di balik kemodernan dan kemajuan negara Jepang, Masih banyak penduduknya yang memegang teguh prinsip tradisional mereka. Prinsip tradisional tersebut sudah di wariskan dari para leluhur mereka. Dari prinsip tradisional tersebut ada banyak pelajaran yang dapat kita ambil untuk kita terapakan dalam kehidupan kita. Berikut ini adalah enam prinsip hidup orang Jepang untuk meraih kesuksesan.

1. Ikigai

Ikigai adalah sebuah prinsip yang mengajarkan dan mengharuskan kita untuk selalu emncari tujuan dan alasan kenapa kita bangun pagi. Dengan memiliki tujuan atau alasan tersebut hidup kita akan menjadi terarah. Selain itu dengan memiliki tujuan yang jelas kita juga dapat lebih fokus dalam melakukan pekerjaan kita. KIta juga memiliki sebuah motivasi dan semangat untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

2. Soshin

Prinsip ini adalah prinsip yang mengajarkan kepada setiap orang untuk memiliki pemikiran sebagai seorang pemula. Dengan memiliki pemikiran sebagai seorang pemula maka diri kita menjadi lebih terbuka untuk menerima wawasan baru. Diri kita juga akan selalu siap menerima saran dari orang yang lebih berpengalaman dari diri kita.

3. Kaizen

Prinsip ini adalah prinsip yang mengajarkan kepada setiap orang untuk melakukan perubahan hidup melalui perbaikan yang konsisten. Jika kita mengikuti prinsip ini kita dapat melakukan perubahan dalam hidup dimulai dengan melakukan perubahan-perubahan kecil yang ada dalam kehidupan kita. Diri kita juga harus konsisten serta menikmati proses dari perubahan tersebut, sehingga diri kita tidak boleh terburu-buru untuk mendapatkan hasil dari proses perubahan tersebut.

4. Wabi Sabi

Prinsip ini mengajarkan kepada kita semua untuk selalu melihat setiap keindahan dari suatu hal yang tidak sempurna. Prinsip ini memberi tahu kita bahwa di setiap ketidaksempurnaan pasti ada keindahan di dalamnya. Dengan dapat melihat keindahan tersebut membuat diri kita menjadi pribadi yang suka bersyukur.

5. Kintsugi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline