Lihat ke Halaman Asli

Alifil fauzia firdauzi s.

Mahasiswi IAIN JEMBER

Filsafat Pendidikan: Aliran Progresevisme dan Tokoh-tokoh Pemikirnya

Diperbarui: 5 Mei 2020   21:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

assalamualaikum wr.wb

kali ini penulis akan membahas mengenai aliran dalam filsafat pendidikan yaitu aliran progresivisme dan tokoh-tokohnya beserta pemikiran atau pandangannya.

1. Aliran progresivisme adalah aliran yang menginginkan kemajuan dengan cepat. progresivisme merupakan aliran yang menekankan bahwa pendidikan bukanlah sekedar pemberian pengetahuan kepada peserta didik tetapi berisi kegiatan yangmengarah pada pelatihan berpikir secara aktif dan dinamis. 

maka dengan memiliki pemikiran yang baik, peserta didik akan terampil membuat keputusan-keputusan yang baik untuk dirinya sendiri dan orang lain serta dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. aliaran progresivisme juga menekan pada kebebasan tetapi kebebasan dalam aliran ini ialah proses terhadap perubahan, toleran, dan terbuka sehingga dengan menuntut untuk selalu maju bertindak secara inovatif dan reformasi.

2. Tokoh-tokoh aliran progresivisme

a. JOHN DEWEY :john berpendapat bahwa sekolah adalah hal yang progresif yang menekan pada minat peserta didik dari pada mata pelajarannya.

b. HANS VAIHINGEER : menurut pandangannya, "tau" hanyalah bersifat praktis dan tidak bisa menentukan kebenaran yang bersifat objektif.

c. WILLIAM JAMES : berkeyakinan bahwa pemikiran memiliki atau otak memiliki fungsi yang berkelanjutan dalam mengatur kehidupan.

d. GEORGE SANTAYANA : sampai saat ini hasil dari pemikirannya sangat sulit disifatkan karena bertentangan dengan apa yang di alaminya

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline