Lihat ke Halaman Asli

Inovasi Pembuatan Kimchi dari Sayur Pakcoy

Diperbarui: 21 Mei 2022   21:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Suasana Pelatihan Pembuatan Kimchi/dokpri

Batu -- Kelompok mahasiswa Bina Desa Pengolahan Buah dan Sayur Fakultas Teknik UPN Veteran Jawa Timur menciptakan inovasi pembuatan kimchi dari sawi pakcoy. Hal ini dikarenakan tempat yang dituju yaitu Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu memiliki hasil komoditi sawi pakcoy yang melimpah.

Kimchi sendiri merupakan makanan tradisional dari Korea. Rupa dari kimchi ini seperti asinan sayur berfermentasi yang diberi bumbu pedas dengan rasa asam. Manfaat mengonsumsi kimchi yaitu menjaga sistem imun dan Kesehatan kulit serta mengandung vitamin C guna menjaga sisitem kekebalan tubuh.

Gambar 2. Bahan Yang Dibutuhkan/dokpri

Penyaluran inovasi ini dilakukan dengan diadakannya pelatihan pembuatan kimchi di aula balai desa Giripurno pada tanggal 29 Maret 2022. Para tamu undangan terdiri dari perwakilan warga dan pelaku usaha di Desa Giripurno.

Gambar 3. Masyarakat Desa Menyimak Dengan Seksama/dokpri

Para warga Desa Giripurno sangat antusias selama pelatihan dilaksanakan. Hal ini terlihat saat kegiatan berlangsung ada yang mencatat dan menyimak dengan seksama.

Diharapkan dari didakannya pelatihan ini para warga bisa membuat daya simpan dari sawi pakcoy lebih lama yaitu dengan dioleh menjadi kimchi serta bisa dijadikan salah satu produk yang bisa diperjual belikan.

Gambar 4. Foto Bersama Masyarakat Setelah Acara Berlangsung/dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline