Lihat ke Halaman Asli

Pertama di Desa Tundangan! Mahasiswa KKN Undip Ubah Kotoran Ternak Menjadi Pakan Maggot

Diperbarui: 12 Februari 2023   19:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Demonstrasi Pembuatan Pakan Maggot menggunakan Limbah Peternakan

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Diponegoro sebagai penerapan Tri Dharma perguruan tinggi. KKN dilakukan dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat supaya lebih produktif dan mandiri dalam bidang keahliannya masing-masing. Pemberdayaan masyarakat ini juga dilakukan oleh mahasiswa KKN UNDIP TIM I 2022/2023 yang diterjunkan di Desa Tundangan Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Pemberdayaan masyarakat yang ada di Desa Tundangan salah satunya di bidang peternakan yaitu pembuatan pakan maggot yang berasal dari kotoran ternak, khususnya kambing yang dilakukan oleh Alifiani Sekartanjung mahasiswa KKN UNDIP TIM I 2022/2023 dari Fakultas Peternakan dan Pertanian untuk masyarakat di Dusun Sirongge.

Survey yang dilakukan di sekitar Desa Tundangan yang terdiri dari 5 Dusun yaitu Dusun Tundangan, Pedagung, Rejasari, Sirongge dan Jaha, dari kelima dusun tersebut didapatkan bahwa peternak belum memanfaatkan limbah peternakan dengan maksimal. Ketua RT 12 Dusun Rejasari Saipul mengatakan bahwa “ Paling kotoran kambingnya dijadikan pupuk, dan langsung diberikan ke tanaman tanpa diolah terlebih dahulu”. Saipul mengatakan bahwa pemberian pupuk secara langsung membuat tanaman lebih cepat tumbuh ketimbang menggunakan pupuk yang diolah dengan fermentasi.

Budidaya maggot yang ada di Desa Tundagan juga relatif masih kecil. Berawal dari pelatihan yang dilakukan oleh Kabupaten Pemalang, sehingga berkembang menjadi budidaya kecil-kecilan. Namun sayangnya belum banyak masyarakat yang berminat di budidaya tersebut. Hal ini yang mendasari kegiatan pemanfaatan limbah peternakan menjadi pakan maggot.

Pemberdayaan masyarakat ini dilakukan pada hari Senin, 23 Januari 2023 bertempat di rumah Ketua RT 14 Dusun Sirongge. Pembuatan pakan maggot ini menggunakan bahan yang mudah didapatkan dan harganya terjangkau yaitu kotoran ternak kambing dan juga molases atau gula jawa. Proses diawali dengan pengeringan kotoran kambing hingga kadar air nya berkurang, kemudian di haluskan, setelah itu dicampurkan dengan molases atau dapat juga menggunakan air gula jawa, dan diaduk hingga rata, apabila aromanya sudah manis dapat langsung diberikan kepada maggot. Pakan maggot ini merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan apabila tidak terdapat sampah organik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline