Lihat ke Halaman Asli

Ergonomi dalam Kehidupan Sehari-hari

Diperbarui: 21 November 2021   16:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Setiap orang memiliki dimensi atau proporsi badan yang berbeda. Setiap aktivitas atau kegiatan apapun itu dalam kehidupan sehari-hari pasti membutuhkan alat untuk menunjang aktivitas tersebut. Pastinya setiap individu ketika berkegiatan akan memilih alat yang sesuai dengan proporsi atau bentuk tubuh nya masing-masing. Jika peralatan yang kita gunakan tidak sesuai dengan proporsi badan maka akan terjadi kelelahan mata kelelahan otot atau bahkan kecelakaan.

Ergonomi adalah suati ilmu dalam bidang industri atau human factors engineering. Kita pasti pernah dihadapi dengan ketidaknyamanan atau kesulitan dalam menggunakan sistem atau produk dalam kehidupan sehari-hari kita yang akan berdampak pada pekerjaan kita mulai dari lingkungan kerja, peralatan tugas atau kerja dan sistem manajemen. Hal itu berkaitan dengan ergonomi begitu pula tentang bekerja secara nyaman dan efisien. Ergonomi terus mengalami perkembangan dan diaplikasikan agar memperoleh interaksi manusia dan mesin yang optimal sehingga meningkatkan produktivitas. Diberbagai bidang pun sudah diaplikasikan ilmu ergonomi.

Ergonomi digunakan untuk menyeimbangkan antara kemampuan dan keterbatasan manusia dengan tuntutan pekerjaan. Suatu produk atau sistem dikatakan ergonomi jika memiliki kriteria yang nyaman, sehat, efektif dan efisien. Jadi suatu produk atau sistem dapat mendukung pengguna mencapai tujuan yaitu kenyamanan dan efisien dalam penggunaan nya. Produk ergonomi juga memiliki sifat estetik. Contoh produk yg tidak ergonomis adalah tombol kontrol elektronik pada kompor elektrik yang jauh yang bilamana akan dinyalakan bersifat membahayakan tangan.

 Ilmu ergonomi ini menjadi solusi kita menemukan kenyamanan dan kepuasan dalam beraktivitas. Salah satunya bekerja dan belajar. Bekerja dan belajar dengan menerapkan ilmu ergonomi menjadi hal yang sangat penting dipahami oleh setiap individu karena posisi kerja dan belajar yang tidak ergonomis dapat menyebabkan kecelakaan kerja dan gangguan kesehatan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Beberapa posisi kerja dan belajar yang harus dipahami adalah cara dan posisi kerja dan belajar yang nyaman , cara mengangkat beban secara manual untuk pekerja. Mencari posisi kerja dan belajar yang nyaman adalah hal yang penting karena akan mempengaruhi kualitas dan produktivitas kerja kita. Mencari posisi kerja dan belajar yang tepat pun bisa mengurangi kadat stres setiap individu. Mengangkat barang manual sebaiknya membaca terlebih dahulu petunjuk pengangkatan barang tersebut, lakukan percobaan pengangkatan disudut barang untuk menentukan berat barang tersebut. Apabila barang berat sebaiknya carilah alat yang dapat mendukung pekerjaan tersebut.

Mari tingkatkan produktivitas kerja dengan mencari hal-hal yang membuat kita nyaman dan menjadikan hasil kerja jadi lebih berkualitas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline