Lihat ke Halaman Asli

Berbuka Puasa dengan yang Manis, Diabetes Apa Kabar?

Diperbarui: 4 April 2024   08:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : //IsminaDee

                

Bulan Ramadhan identik dengan aneka takjil, apalagi saat ini ada istilah "berburu takjil", semua orang berondong-bondong untuk berburu takjil. Dari kalangan muda hingga tua, dari kalangan muslim hingga non muslim. Namun, ini semua menjadikan moment Ramadhan lebih berharga. Takjil biasanya tidak jauh -- jauh dari makanan manis dan gorengan.

Makanan manis memang sudah tidak asing lagi dimeja makan saat berbuka puasa. Berbuka puasa memang disarankan dengan yang manis karena dapat membantu mengembalikan energi yang telah terkuras seharian. Namun, perlu diingat bahwa mengkomsumsi makanan manis saat berbuka  dengan berlebihan, dapat menyebabkan berbagai penyakit. Salah satunya terjadi peningkatan hormone insulin yaitu peningkatan lemak dalam tubuh, tentunya ini penyebab meningkatnya resiko terkena diabetes.

Perlu di ketahui, diabetes atau penyakit gula darah tinggi perlu diwaspadai, karna penyakit ini adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah.

                Salah satu makanan yang aman dikonsumsi penderita diabetes saat berbuka adalah kurma, mengonsumsi kurma saat berbuka memang dianjurkan dalam Islam. Namun, ternyata banyak juga manfaat yang dapat dirasakan dengan mengonsumsi kurma. Kurma mengandung antioksidan berguna untuk mengontrol kadar gula normal, sehingga buah ini aman di konsumsi untuk penderita Diabetes. Namun, perlu diingat mengonsumsi kurma secukupnya saja 1-2 buah saat buka puasa. Selain kurma, Es kelapa menjadi menu favorite untuk disajikan saat berbuka puasa. Air pada air kelapa memiliki kandungan yang baik untuk penderita diabetes, karena karena mampu menurunkan kadar gula darah. Perlu diingat saat mengkomsumsi es kelapa tidak perlu mencampurkan sirup atau gula tambahan. Salad buah menjadi pilihan yang tepat untuk berbuka puasa. Buah memiliki banyak serat yang bagus untuk tubuh. Namun tidak semua buah bisa dikonsumsi untuk penderita diabetes, karena memiliki kadar gula yang tinggi jika di konsumsi secara berlebihan. salah satu buah yang disarankan untuk di konsumsi yaitu, apel,pisang,pir,melon

             Beberapa menu diatas merupakan sedikit dari rekomendasi menu sehat dan enak yang dapat disantap saat berbuka puasa, karena menjaga pola makan sehat adalah salah satu upaya untuk mencegah penyakit diabetes. Saat pola makan seseorang tidak dijaga maka penumpukan lemak dapat terjadi. Namun bukan berarti penderita diabetes tidak dapat menikmati makanan enak, karena banyak makanan yang dapat diolah menjadi makanan enak dan menyehatkan, selain itu tentunya dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter.

             Selain itu penderita diabetes dapat mengubah konsumsi nasi putih menjadi nasi merah, karena beras merah kaya akan serat yang bermanfaat dalam menghambat glukosa kedalam darah. Makanan yang di konsumsi oleh penderita diabetes sebaiknya diolah dengan masak sendiri. Oleh karena itu kita bisa tau apa aja bahan dan bumbu yang terdapat pada masakan tersebut. Selain menjaga pola makan, kita juga perlu menjaga pola hidup seperti olahraga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline