Secara umum, lingkungan kerja adalah kehidupan fisik, sosial, dan psikologi dalam perusahaan yang memengaruhi kinerja dan produktivitas karyawan.
Menurut Nitisemito (2014:183), Lingkungan Kerja adalah segala sesuatu yang ada disekitar para pekerja dan dapat mempengaruhi dirinya dalam menjalankan tugas-tugasnya yang dibebankannya. Ada juga ahli lain yang berpendapat bahwa "lingkungan kerja adalah keseluruhan alat perkakas dan bahan yang dihadapi, lingkungan sekitarnya dimana seseorang bekerja, metode kerjanya, serta pengaturan kerjanya baik sebagai perseorangan maupun sebagai kelompok" menurut Sedarmayanti dan Rahadian (2018).
Lingkungan Kerja Yang Sehat
Menurut WHO (World Health Organization), pengertian lingkungan kerja sehat adalah sebuah tempat di mana semua orang bekerja sama untuk mencapai kesehatan dan kesejahteraan pegawai serta lingkungan sekitar. Lingkungan kerja yang sehat juga berarti tempat di mana perlindungan kesehatan fisik, psikologis, dan kondisi sosial tersedia dengan baik untuk para pekerja.
Di sisi lain, lingkungan kerja yang sehat juga mencakup adanya ruang untuk diskusi, saling mendukung, dan menghargai satu sama lain.
Ciri-ciri lingkungan kerja yang sehat
Semua pekerja tentunya ingin berada di lingkungan kerja yang sehat .Sayangnya, tidak semua orang beruntung mendapatkan hal-hal tersebut. Tidak sedikit orang yang memiliki lingkungan kerja yang berlebihan hingga cenderung mengganggu kehidupan pribadi atau toxic, atasan yang semena-mena hingga rekan kerja yang tidak mendukung. Maka dari itu mari kita kenali beberapa ciri-ciri dari lingkungan kerja yang sehat.
Berikut ciri-cirinya:
1. Ciptakan tempat kerja senyaman mungkin
Atur ruang kerja sendiri seperti ruangan, meja dan kursi kerja dapat menjadi salah satu penunjang tempat kerja yang nyaman. Pastikan ruangan tempat bekerja memiliki pencahayaan yang cukup, suhu yang sejuk serta terjaga kebersihannya. Apabila lingkungan tempat bekerja telah terjaga dengan baik, maka bekerja pun semakin nyaman dan terjaga kualitasnya.