Lihat ke Halaman Asli

Covid-19

Diperbarui: 6 Maret 2020   13:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Seperti yang telah kita ketahui bahwa dipenghujung tahun 2019 di Wuhan China telah ditemukan virus yang menyerang saluran pernafasan yang mematikan. Virus tersebut diberi nama Corona karena bentuknya seperti matahari. Virus ini diduga berasal dari kelelawar yang ditularkan kepada manusia dikarenakan di Wuhan China terdapat pasar yang menjual hewan buas untuk di konsumsi, salah satunya adalah kelelawar.

Virus ini akan menular melewati udara,cipratan cairan bersin/batuk pasien terjangkit,dan kontak fisik dengan pasien terjangkit,memang begitu menyeramkan apabila terjangkit virus ini,karena salah satu dampak terburuk nya akan menyebabkan kematian.

Corona virus telah banyak memakan korban jiwa dan sampai saat ini belum ditemukan vaksinnya. Oleh karena itu hampir seluruh negara menutup seluruh jalur transportasi yang berhubungan dengan china untuk menghindari virus tersebut, termasuk indonesia.

Namun sayangnya, walaupun China telah diisolisir tetap saja ada corona virus berhasil menyerang WNI. 2 hari yang lalu, Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa 2 WNI positif terserang corona virus karena berkomunikasi dan melakukan kontak fisik dengan warga Jepang yang juga terkena virus tersebut. Alhasil sekarang 2 WNI tersebut diisolisir di rumah sakit (...) Untuk diobati.

Hal ini membuat banyak kekhawatiran masyarakat, tak jarang juga membuat panik. Ditambah dengan kelakuan orang tidak diuntung yang mencari untung dalam masa genting seperti ini, yaitu banyak ditemukan pelaku yang menimbun masker dan sabun pencuci tangan.

Masker sebenarnya bukanlah indikator utama pencegahan Corona virus, sebenarnya masker hanya dibutuhkan oleh pasien terjangkit,agar virus yang ada di dalam tubuhnya tidak menular ke orang lain,jadi jangan hawatir kita selaku orang sehat tidak membutuhkan masker,kita hanya perlu melakukan berbagai pencegahan saja, seperti sering mencuci tangan dengan sabun,banyak minum air mineral,dan banyak mengonsumsi rempah rempah yang mengandung curcuma didalamnya.

Karena sekuat apapun virus,pasti akan menjadi lemah apabila daya tahan tubuh kita bagus,maka dari itu kita harus selalu menjaga daya tahan tubuh kita,dengan melakukan berbagai pencegahan seperti yang dijelaskan pada paragraf sebelumnya,jadi jangan hawatir dan panik,tetap pantau informasi terbaru mengenai Corona virus.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline