JEMBER - Perusahaan mempekerjakan karyawan untuk mengisi peluang kerja baru Pada tingkat keterampilan posisi atau hard skill. Sampai saat ini, fokusnya adalah pada hard skill. Hard skill biasanya bersifat teknis dan lebih mudah dinilai dalam jangka pendek. Namun, persyaratan keterampilan itu berubah saat perusahaan menghadapi lingkungan pasar yang berkembang.
Teknologi kita ketahui terus berkembang pesat dan mengubah bagaimana lingkungan tempat kerja. Hal ini menyebabkan perbatasan baru yang berisi berbagai faksi yang dapat mereka ajak untuk berinteraksi Dengan orang-orang dari budaya yang berbeda, baik domestik maupun internasional. Karyawan harus bisa menggunakan keterampilan komunikasi interpersonal mereka untuk bekerja dengan dan memahaminya karyawan. Komposisi angkatan kerja juga terus berubah. Karyawan bercampur dari berbagai usia, termasuk mereka yang akan pensiun. Selain itu, juga banyak yang berbeda kebangsaan, ras, dan gender. Semuanya bercampur menjadi satu. Hal tersebut adalah akibat dari hasil pergeseran generasi yang telah meningkatkan permintaan organisasi atau perusahaan akan karyawan dengan soft skill dari.
Soft skill atau keterampilan yang fleksibel ini adalah karakteristik yang mencirikan pekerjaan seorang karyawan yang tidak bergantung pada keterampilan profesional yang diperoleh sebagai hasil dari pelatihan atau pendidikan formal. Soft skill ini termasuk keterampilan sosial (seperti kerja tim dan menerima dan memberikan umpan balik), keterampilan kognitif (seperti mempertimbangkan tingkat abstraksi yang berbeda), dan keterampilan organisasi.
Sebagian besar negara maju banyak berinvestasi dalam meningkatkan keterampilan tenaga kerja mereka dalam sistem pendidikan formal mereka, sehingga mengembangkan keterampilan keras tenaga kerja mereka. Namun, sistem pendidikan atau kurikulumnya tidak terlalu menekankan pada pengembangan soft skill yang sangat dibutuhkan ini. Ada kekurangan yang signifikan dari karyawan dengan soft skill saat ini.
Tren soft skill ini hanya tumbuh karena pemberi kerja atau perusahaan menuntut sost skill tersebut. Hal ini bukan hanya masalah karyawan, tetapi juga masalah bisnis. Tenaga kerja akan dillatih dan dipekerjakan untuk mencapai tujuan yang spesifik, terukur, dan ditetapkan. Dengan begitu, perusahaan dapat melatih karyawan mereka saat ini dalam soft skill yang diperlukan atau mempekerjakan seseorang yang sudah memiliki soft skill tersebut. Sulit menilai keterampilan karyawan secara objektif karena tidak ada cara yang konsisten untuk mengukur soft skill ini. Kurangnya soft skill adalah alasan lain mengapa organisasi gagal mencapai tujuan mereka.
Dalam lingkungan bisnis, soft skill karyawan sangat penting untuk kinerja organisasi atau perusahaan. Dengan digitalisasi ekonomi, industri dan profesi individu berkembang, tugas yang dilakukan karyawan di tempat kerja berkembang pesat, dan inovasi cepat diperkenalkan ke tempat kerja. Akibatnya, karyawan tidak lagi cukup puas dengan gelar mereka, karena pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dapat menjadi usang seiring berjalannya waktu karena inovasi teknologi. Menurut satu perkiraan penelitian, waktu yang diperlukan agar keterampilan yang diperoleh seorang tenaga kerja menjadi usang adalah lima tahun.
Lulusan perguruan tinggi dituntut atau butuh jauh lebih banyak kompetensi yang mereka miliki. Kompetensi tersebut adalah dalam bidang prinsip dan keterampilan kurikuler yang diakui di mayoritas sekolah modern. Lulusan yang diinginkan tersebut akan diharuskan mengintegrasikan hard skill dan soft skill mereka. Mereka adalah pemikir analitis dan imajinatif, advokat perbaikan diri, pemain tim, dan dapat memfasilitasi pembelajaran dalam komunitas. Dapat memahami dan beradaptasi dalam situasi kelompok serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Namun, sebagian besar "soft skill" ini tidak ditampilkan dalam kurikulum sekolah saat ini. Sehingga dibutuhkan pelatihan-pelatihan untuk dapat mengasah soft skill ini.
Karyawan harus secara teratur meninjau keterampilan mereka untuk menyamakan sejalan dengan perubahan kebutuhan bisnis. Hal tersebut dilakukan juga agar keterampilan tenaga kerja tetap up to date. Dengan begitu, karyawan butuh pembelajaran seumur hidup dan hal itu semakin penting untuk kelangsungan hidup perusahaan. Dipekirakan, ketrampilan ini lah yang akan menjadi dasar baru di pasar tenaga kerja, bukan gelar. Keterampilan ini bisa spesifik, digital, fleksibel, teknis, dan sebagainya. Hal ini memungkinkan pekerja untuk memenuhi kebutuhan majikan mereka terlepas dari kategori pekerjaan mereka.
Perangkat keterampilan adalah kombinasi kompleks dari pengalaman kerja dan hasil pembelajaran formal yang digunakan karyawan dalam pekerjaan mereka saat ini. Perusahaan saat ini menyadari bahwa soft skill sama pentingnya, dan terkadang bahkan lebih penting, daripada keterampilan keras. Masalah utama dalam menggunakan soft skill di tempat kerja adalah besarnya dan sulitnya mengukurnya. Mengukur seperangkat keterampilan atau soft skill tersebut dibutuhkan secara konkret dan dibuat spesifik. Hal ini bertujuan untuk menentukan penerapannya dalam meningkatkan produktivitas di perusahaan.
Kebutuhan pemberi kerja akan soft skill karyawan kini terkait langsung dengan otomatisasi proses produksi dan digitalisasi ekonomi. Keterampilan yang fleksibel atau soft skill ini sangat penting bagi karyawan untuk secara efektif melakukan tugas kerja yang berbeda di bidang aktivitas baru. Spesialis Sumber Daya Manusia secara khusus mengutip beberapa bidang kegiatan yang dicirikan oleh digitalisasi tingkat tinggi dari proses kerja. Sehingga membuat soft skill tersedia bagi tenaga kerja akan menjadi prioritas.
Selain bidang kegiatan ini, yang dicirikan oleh digitalisasi proses kerja tingkat tinggi, pemberi kerja di sektor ekonomi lain juga tertarik untuk menyediakan soft skill tertentu bagi karyawan mereka. Pengusaha dalam meningkatkan permintaan untuk berbagai soft skill pada karyawan mereka.