Lihat ke Halaman Asli

Nasib Home Industri di Masa Pandemi

Diperbarui: 8 Agustus 2021   08:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Masa pandemi COVID-19 bukan hanya menyerang kesehatan masyarakat saja, tetapi juga menyerang semua bidang dalam kehidupan. Salah satunya adalah ekonomi. Ini merupakan sebuah tantangan yang tidak pernah dibayangkan oleh para pelaku usaha, terutama para penguasaha UMKM khususnya home industry. 

Banyak diantara para pengusaha home industry merasa kaget akan dampak yang di timbulkan dari adanya pandemi COVID-19 ini. Mereka harus memutar otak untuk menyiapkan segala cara agar usaha yang ada tetap berjalan sebagaimana mestinya. 

Salah satu home industry yang terkena dampak adalah penguasah roti rumahan Roti Permata yang terdapat di Jalan Soekarno-Hatta gang II Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan. Biasanya, sebelum ada pandemi COVID-19 pabrik roti rumahan sering menerima pesanan roti yang cukup banyak dari masyarakat yang membuat sebuah hajatan atau acara. 

Namun, saat pandemi seperti sekarang ini tentu hal tersebut tidak ada lagi. Memang masih ada acara-acara yang masih berjalan. Namun, acara-acara tersebut bukan dilakukan secara luring atau tatap muka tetapi dilakukan secara dalam jaringan atau daring yang tidak membutuhkan makanan sebagai sajiannya.

Dokpri

Pada kesempatan kali ini, kami tim mahasiswa KKN dari program studi PPKn angkatan 2018 Universitas PGRI Wiranegara berkesempatan untuk melakukan kegiatan pengabdian kami di home industry Roti Permata yang terdapat di Jalan Soekarno-Hatta gang II Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan. 

Disana kami melakukan banyak hal, diantaranya kami diberiathu oleh owner nya langsung bagaimana proses pembuatan roti di home industry miliknya. Kami juga diberitahu bagaimana strategi owner untuk menghadapi pandemi COVID-19 ini dalam hal penjualan roti di home industry miliknya. 

Kami juga melakukan diskusi dan berusaha membantu home industry tersebut untuk memecahkan beberapa masalah yang menjadi hambatan pengembangan home industry tersebut. Kami sangat senang bisa diterima dengan baik oleh owner nya langsung. 

Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak home industry Roti Permata yang sudah dengan terbuka menerima kami untuk melakukan kegiatan KKN kali ini ditempatnya. 

Semoga dengan adanya kami di tempat tersebut selama masa KKN, kami berharap bisa membawa dampak positif bagi usaha rotinya dan bagi pelaku usaha home industry lainnya untuk tetap semangat berjuang menghadapi pandemi COVID-19 agar tetap menjalankan usahanya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline