Lihat ke Halaman Asli

Heboh! Tanaman Herbal Ternyata Dapat Meningkatkan Imunitas, Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi ke Masyarakat

Diperbarui: 9 Agustus 2021   15:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemasangan Poster di Fasilitas Umum RW03 (Dokpri)

Cibodasari, Tangerang (06/08/2021)  Tingginya kasus Pandemi Covid-19 dan penyebarannya pada masyarakat salah satunya disebabkan karena rendahnya imunitas tubuh seseorang. Dalam rangka memperdayakan dan mendorong peran aktif masyarakat dalam upaya pengembangan kesehatan di masa pandemi, perlu dilakukan sosialisasi agar masyarakat dapat menjaga kesehatan secara mandiri dan benar melalui pemanfaatan tanaman herbal sebagai obat herbal. 

Pemanfaatan obat herbal tersebut sebagai upaya untuk pemeliharaan kesehatan, pencegahan penyakit dan perawatan kesehatan termasuk pada masa kedaruratan kesehatan masyarakat.

Berdasarkan permasalahan tersebut mahasiswi KKN UNDIP TIM II periode 2020/2021 mengadakan program kerja mengenai Pemberdayaan masyarakat dengan edukasi tentang pemanfaatan obat herbal untuk meningkatkan imunitas tubuh ditengah pandemi. Untuk pelaksanaan program kerja sosialisasi ini dilakukan kepada warga masyarakat di RW 03, Kelurahan Cibodasari, Kecamatan Cibodas, Tangerang, Banten.

Pelaksanaan program kerja ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam pemanfaatan obat herbal yang dapat dijadikan alternatif dalam pemanfaatan obat herbal sebagai upaya meningkatkan imunitas tubuh ditengah pandemi Covid-19 karena terdapat beberapa tanaman herbal yang memiliki kemapuan sebagai imunomodulator (Meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh). 

Selain itu untuk pelaksanaan program kerja ini dilakukan dengan cara penyebaran poster dan penempelan poster di fasilitas umum warga dengan seizin ketua RW 03, sebagai output yang berisi terkait informasi singkat tanaman herbal dan mengenai cara penyajian obat herbal yang benar.

Dokpri

Output Poster Terkait Tanaman Herbal (Dokpri)

Penulis : Alifhia Safira Evanezza/ S1 Kimia/ Fakultas Sains dan Matematika

DPL     : Dr. Untung Sujianto., S.Kp., M.Kes




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline