Lihat ke Halaman Asli

Kwikku - Jejaring Sosial Baru, Karya Indonesia

Diperbarui: 24 Juni 2015   01:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13940512331477077612

[caption id="attachment_326110" align="aligncenter" width="480" caption="Ilustrasi/Admin (Kompas.com)"][/caption]

Hampir seluruh sisi kehidupan manusia tidak terlepas dari peran teknologi. Adanya teknologi mampu meringankan dan menjawab segala kebutuhan manusia. Mulai dari membuka mata dan disambut alarm yang terdapat di mobile phone, hingga kembali mempersiapkan tidur dengan ditemani sajian menarik televisi. Disadari atau tidak, ketergantungan manusia akan kemudahan yang ditawarkan oleh layanan teknologi membuat manusia semakin mengharapkan berbagai kemudahan yang lebih.

Terkait dengan produk teknologi, teknologi internet memberikan pengaruh yang begitu besar. Lebih dari 2,400 Miliar manusia di seluruh duniamemanfaatkan internet untuk memenuhi kebutuhannya akan informasi. Tetapi dalam dunia internet, Indonesia masih belum mampu menunjukkan karya-karyanya. Bahkan berdasarkan analisis www.wlexa.com 10 besar situs paling banyak diakses di Indonesia 8 diantaranya adalah produk asing, hanya 2 yang benar-benar dari Indonesia yakni kaskus.co.id dan detik.com.



Jejaring Sosial Buatan Anak Bangsa

Di ranah internet, popularitas Facebook dan Twitter sudah sangat melekat. Bahkan google+ belum mampu menyaingi, padahal google merupakan situs nomor wahid di dunia. Namun, fakta semacam itu tidak membuat surut semangat kami untuk mewujudkan mimpi. Pada November 2013, saya dan tim yang tergabung dalam Tim Kwikku resmi meluncurkan jejaring sosial lokal yang kami sebut Kwikku. Dalam kurun waktu 4 bulan penggunanya sudah mencapai 32.448 ribu orang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk mengembangkan Kwikku setiap minggu tim berkumpul, dan minggu ini giliran kita menyambangi Pujasera Kampung Kuliner yang terletak berdekatan dengan Kampus Universitas Brawijaya (1/3). Sambil sesekali menyeruput kopi susu yang dipesan, Saya,Hamdi selaku founder Kwikku ngobrol ngalur-ngidul ditemani anggota tim lain yang tergabung dalam divisi programmer dan desainer. Sesekali diiringi dengan guyonan hangat nan santai sambil memperbarui desain interface dan mengecek barisan kode yang menumpuk di layar notebook masing-masing.

Lalu, apa itu kwikku.com? Kwikku adalah jejaring sosial paling komplet, karena di kwikku tersedia mall online, e-learning, blogging , business media dll. Kwikku memiliki konsep yang tertuang dalam kata saktinya, Makes Your Digital World as Easy as Real World. Konsep ini muncul karena cita-cita tim Kwikku yang ingin mewujudkan dunia maya semudah dunia nyata. Di dunia nyata, Anda cukup sebagai diri Anda dan dapat menikmati semua layanan Tuhan. Konsep itulah yang kami tawarkan, sehingga seluruh pengguna dapat menjangkau dunia maya seluas-luasnya. Di kwikku, kamu akan tetap bisa menjaga produktivitas dan tetap bisa bersosial.

Orang sukses adalah orang dengan ide gila dijamannya, kata-kata itulah yang menyemangati kami. Orang lain boleh mengatakan kami akan gagal, tapi ketika kami telah memutuskan untuk menciptakan mimpi besar, maka kami harus bertanggung jawab untuk dapat menjadikannya nyata. Dan hal yang membanggakan adalah, hasil survey versi www.alexa.com Kwikku berada diperingkat 129.545 situs paling banyak diakses di dunia. Padahal saat Kwikku pertama kali mengudara, Kwikku berada di posisi 17 juta. Untuk Indonesia, Kwikku nangkring di peringkat 3.737 (3/5/2014), menembus angka 5.000 situs terfavorit di Indonesia merupakan perjuangan yang berat bagi Kwikku. Mimpi kami adalah menggantikan facebook, dan kami sadar, mimpi yang besar butuh usaha yang besar.





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline