Lihat ke Halaman Asli

Ini Dia, Jejaring Sosial Buatan Anak Indonesia

Diperbarui: 17 Juni 2015   12:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14091957341499310908

Salam sobat kompasiana, bagaimana kabar keluarga di rumah? Semoga sehat dan selalu dalam lindungn-Nya.

Kali ini saya ingin kembali melaporkan perkembangan sebuah jejaring sosial asli karya anak bangsa yang satu ini. Yup, mungkin beberapa dari sobat kompasiana sudah familiar, sudah pernah tahu atau bahkan sudah mulai bosan dengan tulisan tentang ini :D. Namun demi cita-cita untuk menularkan semangat dalam berkarya dan semangat dalam membangun bangsa melalui teknologi. Saya akan mencoba berusaha untuk terus bersemangat dalam menyebarkan semangat tersebut. :D

Oke, laporan dan cerita ini adalah terkait jejaring social yang diberi nama kwikku. Kwikku merupakan sebuah media social layaknya situs facebook, twitter ataupun media social lain sejenisnya. Media social yang beralamatkan di www.kwikku.com ini mulai dikembangkan akhir 2013 lalu. Uniknya, kwikku dikembangkan oleh sekumpulan mahasiswa asal Malang yang kini masih duduk di semester 8. Mereka mengaku mengembangkan jejaring social ini semenjak mereka duduk di semester 5.

Ketika ditanya soal alasan mengembangkan kwikku, mereka menyampaikan bahwasanya niat ini bermula dari keinginan untuk mewujudkan kemandirian bangsa dan menularkan semangat cinta produk Indonesia. Keinginan ini muncul karena mereka ingin menunjukkan bahwa pemuda Indonesia punya potensi yang sama besar untuk menjadi kreator yang bermanfaat bagi dunia.

Sebuah mimpi yang memang belum terwujud di jaman ini. Saat ini Indonesia memang belum menjadi tuan rumah yang baik bagi para kreator muda Indonesia. Yup, masyarakat umumnya lebih menyukai produk branded keluaran Eropa, Amerika, Jepang, China maupun produk unggulan asing lainnya. Tak heran jika produk keluaran lokal hanya sedikit yang bertahan, ataupun gagal berkembang pasca produksi.

Di tengah antusiasme masyarakat Indonesia di ranah jejaring social. Kwikku hadir untuk turut memenangkan hati masyarakat Indonesia. Meski belum banyak yang mengenal kwikku, mereka mengklaim bahwa kwikku adalah proyek jangka panjang. Proyek untuk mewujudkan mimpi mereka yang amat sederhana, yakni mereka ingin melihat cucu-cucu mereka kelak menggunakan produk asli buatan bangsa. Dengan demikian para kreator Indonesia memiliki kepercayaan diri untuk menghadapi kreator asing.

1421570750344966251

Saat ini kwikku telah memiliki 46 ribu pengguna terdaftar dan terus dikembangkan. Meski baru berjalan setahun lebih, kwikku tergolong cukup berprestasi. Kwikku berhasil menyabet juara 3 Pengembangan Perangkat Lunak dalam ajang Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi dari DIKTI dan Kemenristek. Masuk jajaran nominasi 7 besar nasional aplikasi unggulan Kementerian Perindustrian, dimana eduanya diraih di akhir 2014 lalu.

Tim kwikku percaya bahwa saat ini masyarakat tengah menunggu hadirnya pemuda yang mampu mendukung kemandirian bangsa. Masih terlintas dengan jelas bagaimana masyarakat begitu sakit hati ketika mendengar bahwa Indonesia harus mengimpor garam, sementara katanya negeri ini adalah negeri maritim. Dengan begitu banyak apresiasi dan dukungan dari masyarakat Indonesia, tim kwikku yakin bahwa selama kwikku mampu dan mau untuk terus berbenah, kwikku akan menjadi produk unggulan kebanggaan bangsa Indonesia.

Bagi sobat yang pengen menjajal keunikan kwikku disbanding yang lain, silahkan mengunjungi halaman www.kwikku.com , atau pada halaman m.kwikku.com untuk versi mobile. Dan bagi pengguna perangkat Android silahkan menuju google play. Atau sobat bisa mengunjungi halaman download.kwikku.com untuk informasi perangkat lain. Ingatkan Pada Anak Cucu Kita Bahwa Indonesia Masih Zamrud Khatuistiwa :)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline