Lihat ke Halaman Asli

Muhamad Alif Bachtiar Dewanto

Universitas Mercu Buana - 43121010288 (Dosen : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak)

TB2_Etika dan Hukum Planton

Diperbarui: 22 Mei 2022   10:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dari artikel yang saya baca, Hukum adalah karya Plato yang terakhir, terpanjang, dan, mungkin, paling dibenci. Buku itu adalah percakapan tentang filsafat politik antara tiga pria tua: seorang Athena yang tidak disebutkan namanya, seorang Spartan bernama Megillus, dan seorang Kreta bernama Clinias. Orang-orang ini bekerja untuk membuat konstitusi untuk Magnesia, sebuah koloni Kreta baru. Pemerintah Magnesia adalah campuran prinsip-prinsip demokrasi dan otoriter yang bertujuan untuk membuat semua warganya bahagia dan berbudi luhur.

Seperti karya Plato lainnya tentang teori politik, seperti Negarawan dan Republik, Hukum tidak hanya tentang pemikiran politik, tetapi melibatkan diskusi ekstensif tentang psikologi, etika, teologi, epistemologi, dan metafisika. Namun, tidak seperti karya-karya lain ini, Hukum menggabungkan filosofi politik dengan undang-undang yang diterapkan, dengan sangat rinci tentang hukum dan prosedur apa yang seharusnya ada di Magnesia. Contohnya termasuk percakapan tentang apakah mabuk harus diizinkan di kota, bagaimana warga harus berburu, dan bagaimana menghukum bunuh diri. Namun, detail hukum, prosa yang kikuk, dan kurangnya organisasi telah menarik kecaman baik dari para sarjana kuno maupun modern. Banyak yang mengaitkan tulisan canggung ini dengan usia tua Plato pada saat penulisan; meskipun demikian, pembaca harus ingat bahwa pekerjaan itu tidak pernah selesai. Meskipun kritik-kritik ini memiliki beberapa manfaat, ide-ide yang dibahas dalam Undang-undang sangat layak untuk kita pertimbangkan, dan dialognya memiliki kualitas sastra tersendiri.

Selain itu, dalam Hukum Plato membela beberapa posisi yang muncul dalam ketegangan dengan ide-ide yang diungkapkan dalam karya-karyanya yang lain. Mungkin perbedaan terbesar adalah bahwa kota ideal dalam Undang-undang jauh lebih demokratis daripada kota ideal di Republik. Perbedaan penting lainnya termasuk tampaknya menerima kemungkinan kelemahan kehendak (akrasia)—posisi yang ditolak dalam karya-karya sebelumnya—dan memberikan lebih banyak otoritas kepada agama daripada yang diharapkan oleh pembaca Euthyphro. Dengan menjelajahi perbedaan yang nyata ini, siswa Plato dan sejarah filsafat akan mendapatkan pemahaman yang lebih bernuansa dan kompleks tentang ide-ide filosofis Plato.

1. Setting dan Karakter
Dialog berlatar di pulau Kreta Yunani pada abad ke-4 SM. Tiga pria tua sedang berjalan dari Cnossos ke gua suci dan tempat perlindungan Zeus yang terletak di Gunung Ida. Pengaturan ini sangat terkait dengan tema Undang-undang. Ketiga pria ini berjalan di jalan yang Minos (pemberi hukum legendaris Kreta) dan ayahnya mengikuti setiap sembilan tahun untuk menerima bimbingan Zeus. Saat orang-orang ini menelusuri langkah Minos, mereka berusaha menemukan sistem dan hukum politik terbaik. Seperti Minos, mereka juga akan menemukan sistem politik mereka pada pemahaman mereka tentang para dewa.

Setiap orang berasal dari negara kota (polis) Yunani yang berbeda. Clinias berasal dari Cnossos, Kreta; Megillus berasal dari Sparta; dan individu yang tidak disebutkan namanya berasal dari Athena. Ada beberapa spekulasi tentang siapa orang Athena yang tidak disebutkan namanya ini. Aristoteles mengira dia adalah Socrates. Cicero menyatakan bahwa dia adalah Plato sendiri, sementara yang lain berspekulasi bahwa dia seharusnya mengingatkan pembaca tentang politikus Athena Solon. Penafsiran lain menyatakan bahwa Athena tidak disebutkan namanya karena Platon tidak bermaksud baginya untuk mewakili tokoh sejarah tertentu.

2. Hukum, Kebiasaan, dan Struktur Politik Magnesia
Magnesia, koloni teoretis Kreta yang dikembangkan dalam Hukum, adalah negara pertanian mandiri yang terletak sembilan hingga sepuluh mil dari laut. Lokasinya yang terpencil akan menghalangi pengaruh pengunjung, yang mungkin merusak budaya Magnesia. Dikatakan demikian, Magnesia akan memiliki populasi budak dan orang asing yang melakukan tugas-tugas penting yang dilarang bagi warga negara, seperti perdagangan dan kerja kasar. Kota ini akan terdiri dari 5.040 rumah tangga. Orang Athena bersikukuh tentang bilangan ini karena ia habis dibagi dengan bilangan apa pun dari 1 hingga 12 (dengan pengecualian 11), membuatnya nyaman untuk keperluan administrasi. Setiap rumah tangga akan diberikan sebidang tanah (satu di dekat pusat kota dan satu lagi terletak lebih jauh) dan bidang-bidang tanah ini tidak dapat dicabut oleh keluarga pemiliknya. Tujuannya adalah untuk mencegah anggota masyarakat menjadi kaya dengan mengorbankan warga negara lain. Memang, kota ini dirancang sedemikian rupa untuk mencegah warga menjadi sangat kaya atau miskin. Namun demikian, akan ada empat kelas properti berdasarkan kekayaan yang dikumpulkan keluarga seseorang sebelum datang ke Magnesia. Meskipun tanah itu tidak akan ditanami bersama, itu harus dianggap sebagai bagian dari milik bersama, dan pemegang saham harus memberikan kontribusi publik. Wanita tidak akan diizinkan untuk memiliki properti, tetapi akan dianggap sebagai warga negara dan dapat memegang jabatan politik. Faktanya, wanita dapat berpartisipasi dalam militer sebagai tentara dan dapat menghadiri makan bersama pribadi mereka sendiri—dua praktik yang biasanya disediakan untuk pria di Yunani kuno.

3. Hubungan antara Hukum dan Republik
Meskipun Republik dan Hukum memiliki banyak kesamaan, mereka yang datang ke Hukum setelah membaca Republik mungkin akan terkejut dengan apa yang mereka temukan sejauh teks-teks ini berbeda dalam hal isi dan gaya. Dalam hal gaya, Hukum memiliki kualitas sastra yang jauh lebih rendah daripada karya Plato, Republik. Ini sebagian merupakan hasil dari fakta bahwa Undang-undang mengatur rincian kebijakan hukum dan pemerintah, sedangkan Republik tidak; alih-alih, Republik berfokus pada politik dan etika pada tingkat yang jauh lebih umum. Lebih jauh, tidak seperti karya Plato lainnya, karakter Socrates secara nyata tidak ada dalam Hukum.

Beralih sekarang ke konten, di Republik, Socrates mengembangkan kota yang ideal, yang disebut sebagai Callipolis (secara harfiah, kota yang indah atau mulia). Callipolis terdiri dari tiga kelas: kelas pekerja besar petani dan pengrajin, kelas militer terdidik, dan sejumlah kecil filsuf elit yang akan memerintah kota. Kelas militer dan penguasa disebut “penjaga”, dan mereka tidak akan memiliki hak milik pribadi. Memang, mereka akan memiliki semua kesamaan termasuk wanita, pria, dan anak-anak. Tidak seperti di Callipolis, kepemilikan pribadi diperbolehkan di seluruh Magnesia dan kekuatan politik menyebar ke seluruh kota. Perbedaan penting lainnya adalah bahwa hanya para filsuf yang memiliki kebajikan yang dikembangkan sepenuhnya di Republik (dan di Phaedo) sementara dalam Hukum, orang Athena mengatakan bahwa undang-undang yang benar bertujuan untuk mengembangkan kebajikan di seluruh tubuh warga negara. Yang pasti, struktur politik Callipolis mengamankan perilaku yang benar dari semua warga negara. Namun, karena kebajikan lengkap melibatkan pengetahuan, yang hanya dimiliki oleh para filsuf, para non-filsuf hanya dapat memperkirakan kebajikan. Dengan kata lain, Undang-undang tampaknya mengekspresikan lebih banyak optimisme daripada Republik sehubungan dengan kemampuan rata-rata warga negara untuk berbudi luhur.

4. Ikhtisar Hukum
Hukum terdiri dari dua belas buku. Buku 1 dan 2 mengupas apa tujuan pemerintah. Eksplorasi ini berupa evaluasi komparatif terhadap praktik-praktik yang ditemukan di tanah air lawan bicara. Melalui diskusi ini, penjelasan awal tentang pendidikan dan kebajikan ditawarkan. Buku 3 membahas asal-usul pemerintah dan manfaat konstitusi yang berbeda. Pada kesimpulan Buku 3, terungkap bahwa Clinias bertanggung jawab mengembangkan kode hukum untuk koloni baru Kreta, Magnesia. Setelah membahas populasi dan geografi Magnesia yang tepat, Buku 4 menganalisis metode yang tepat untuk membuat undang-undang. Buku 5 dimulai dengan berbagai pelajaran moral dan kemudian beralih ke penjelasan tentang prosedur yang benar untuk mendirikan Magnesia dan mendistribusikan tanah di dalamnya. Buku 6 menyajikan rincian berbagai jabatan dan kedudukan hukum di Magnesia dan diakhiri dengan pemeriksaan perkawinan. Buku 7 dan 8 membahas pendidikan musik dan jasmani warga. Buku 8 diakhiri dengan diskusi tentang seksualitas dan ekonomi. Buku 9 memperkenalkan hukum pidana dan menganalisis faktor-faktor apa yang harus dipertimbangkan ketika menentukan hukuman. Buku 10 membahas hukum-hukum tentang ketidaksalehan dan menyajikan penjelasan tentang teologi. Buku 11 dan 12 dilanjutkan dengan kode hukum. Hukum berakhir dengan akun "Dewan Nokturnal," "jangkar" kota.

5. Buku 1 dan 2
a. sebuah. Kebajikan
Dialog dimulai dengan pertanyaan orang Athena tentang asal usul hukum, apakah hukum itu berasal dari dewa atau manusia. Clinias menyatakan bahwa Apollo dianggap sebagai pencetus hukum Kreta, sedangkan Zeus dianggap sebagai pendiri Sparta. Percakapan bergeser ke pertanyaan tentang tujuan pemerintah. Megillus dan Clinias berpendapat bahwa tujuan pemerintah adalah untuk menang dalam perang, karena konflik adalah kondisi esensial dari semua manusia. Karena tujuan mendasar adalah kemenangan dalam perang, Clinias dan Megillus berpendapat bahwa tujuan utama pendidikan adalah membuat warga negara berani. Orang Athena menanggapi dengan menunjukkan bahwa rekonsiliasi dan harmoni di antara pihak-pihak yang bertikai lebih unggul daripada satu kelompok mengalahkan yang lain. Ini menunjukkan bahwa perdamaian lebih unggul daripada kemenangan. Konsekuensinya, sistem pendidikan seharusnya tidak hanya berfokus pada penanaman keberanian pada warganya, tetapi harus mengembangkan kebajikan secara keseluruhan, termasuk tidak hanya keberanian tetapi juga kebijaksanaan, moderasi dan keadilan. Memang, keberanian, menurut orang Athena, adalah kebajikan yang paling tidak penting. Tujuan hukum adalah untuk membantu warganya berkembang, dan rute paling langsung untuk ini adalah mengembangkan kebajikan di dalam diri mereka.

b. Psikologi Pendidikan dan Moral
Untuk membela intoksikasi moderat, orang Athena menawarkan penjelasan tentang pendidikan dan psikologi moral. Dengan pendidikan, Athena tidak berarti keterampilan teknis, melainkan hal-hal yang mengarahkan seseorang menuju kebajikan. Sebagian besar pendidikan dimaksudkan untuk menanamkan perasaan yang sesuai pada warga negara sehingga mereka merasakan kesenangan dan rasa sakit sehubungan dengan hal-hal yang sesuai. Sama seperti praktik Spartan yang membuat warga negara takut dan sakit dapat membantu menumbuhkan perasaan yang tepat sehubungan dengan rasa sakit, pesta minum dapat membantu warga mengembangkan perasaan yang sesuai sehubungan dengan kesenangan. Idenya adalah bahwa seseorang dapat belajar untuk menolak kesenangan dan keinginan negatif hanya dengan terpapar pada hal-hal ini. Pesta minum yang diawasi menyediakan cara yang aman dan murah untuk melakukan ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline