Lihat ke Halaman Asli

Ali Faqih Nasuha

Inspirasi tercipta dari kopi, tulisan yang menarik tercipta dari jari

Fakta Menarik Budaya Jawa! Berikut 5 Pantangan yang Tidak Boleh Dilakukan oleh Orang Jawa

Diperbarui: 19 April 2021   12:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

id.pinterest.com/banusidharta

Halo sobat membaca, Siapa yang tidak kenal dengan budaya yang satu ini ? Yups benar sekali, gambar diatas merupakan wanita yang berasal dari suku Jawa. Banyak sekali fakta menarik dari suku jawa yang harus kalian tahu, salah satu nya adalah hal yang tidak boleh dilakukan oleh masyarakat/orang jawa. Mau tahu kelanjutan nya ? Yuk kita simak......

Pulau Jawa merupakan salah satu kepulauan terbesar di Indonesia, Pulau Jawa terletak di Indonesia Bagian Barat yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Suku Jawa merupakan suku terbesar di Indonesia dan banyak sekali keberagaman adat yang dimiliki. Suku Jawa dikenal dengan keramah tamahan, kesopanan dan kesederhanaan. Mayoritas orang Jawa adalah umat Islam dengan beberapa agama lainnya yaitu Kristen, Kejawen, Hindu, Buddha, dan Khonghucu. Meski demikian, peradaban orang Jawa telah dipengaruhi oleh lebih dari seribu tahun interaksi antara budaya Kejawen dan Hindu-Buddha, dan pengaruh ini masih terlihat dalam sejarah, budaya, tradisi, dan bentuk kesenian Jawa.  Adapula hal -hal yang tidak boleh dilakukan oleh orang jawa, berikut 5 hal yang tidak boleh dilakukan :

1. Anak Gadis Dilarang Duduk Depan Pintu

id.pinterest.com/banusidharta

Pantangan untuk anak gadis dilarang duduk didepan pintu diyakini oleh orang tua suku jawa akan susah mendapatkan jodoh. Mengapa demikian ? Hal tersebut dikarenakan jika anak gadis duduk didepan pintu akan memengaruhi sikapnya seperti tertawa terlalu keras dan memiliki sikap yang berlebihan. Tentunya hal tersebut tidak baik dilakukan dan akan menjadi penyebab tidak direstui oleh orang tua dari pihak laki-laki.

2. Dilarang Menyapu Pada Malam Hari

id.pinterest.com/banusidharta

Hal tersebut diyakini akan mengundang makhluk halus dan akan mempersulit kita dalam mencari rezeki. Jika difikir secara logika, kalau nyapu dimalam hari bisa mengganggu orang lain yang sedang istirahat.

3. Anak - Anak Dilarang Makan Brutu/Pantat Ayam

id.pinterest.com/banusidharta

Anak - anak dilarang makan pantat ayam atau brutu karena akan merasa pusing dan mudah lupa/pikun. Sebagian besar bagian brutu merupakan lemak makan orang tua melarang demi kesehatan buah hatinya.

4. Jangan Duduk Diatas Bantal

id.pinterest.com/banusidharta

"Jangan duduk diatas bantal nanti pantatmu bisulan" begitulah ungkapan orang jawa jika melihat orang yang duduk diatas bantal, mengapa begitu ? menurut orang Jawa tidak sopan jika tempat untuk kepala dijadikan alas untuk duduk.

5. Dilarang Menyisakan Makanan Nanti Ayamnya Mati

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline