Lihat ke Halaman Asli

Pembentukan Mental Entrepreneurship Mahasiswa Melalui Koperasi Mahasiswa (KOPMA)

Diperbarui: 25 Januari 2024   03:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Koperasi mahasiswa berperan dalam pentingnya pembentukan karakter seorang wirasusaha dalam menunjang keterampilan dan juga kemampuan mengelola suatu usaha secara bersama.

Kontribusi KOPMA Terhadap Pengembangan Karakter Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa

Koperasi kerap menjadi wadah bagi para mahasiswanya dalam mengembangkan ide bisnis, sehingga dapat ditemukan solusinya. Selain itu, koperasi mahasiswa ikut andil memperoleh pengalaman praktis dalam manajemen, kepemimpinan, pengambilan keputusan, dan pengelolaan keuangan yang efektif pada setiap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa. Oleh karena itu, koperasi mampu menjembatani interaksi antara mahasiswa tersebut sebagai anggota koperasi dengan civitas akademika seperti dosen, staf administrasi, keuangan, bahkan alumni yang dapat menciptakan probabilitas bidang bisnis di masa depan. 

Namun yang perlu kita cermati bersama, masih seringkali terjadi persaingan secara tidak sehat yang menghambat kemajuan koperasi itu. Meski demikian, Koperasi Mahasiswa (KOPMA) memberikan ilmu-ilmunya melalui pendampingan dan pelatihan wirausaha kepada calon anggota koperasi.

Koperasi menjadi awal langkah dalam membentuk mental kewirausahaan mahasiswa melalui berbagai kegiatan, antara lain pelatihan kewirausahaan, pemberian modal usaha, pengembangan jaringan usaha, fasilitasi pengembangan produk, dan pemasaran serta membangun kolaborasi dengan institusi lain untuk memperluas akses pasar.

Singkatnya, koperasi mahasiswa berkontribusi terhadap pengembangan karakter kewirausahaan di kalangan mahasiswa dengan memberikan pengalaman praktis, mendorong pertukaran ide dan pemecahan masalah, menawarkan pelatihan dan pengetahuan kewirausahaan, dan memfasilitasi pembangunan jaringan dan kolaborasi bisnis.

 

Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa

Berbagai faktor yang memengaruhi motivasi mahasiswa dalam berwirausaha, seperti 

1. Efikasi Diri

2. Keterampilan Kewirausahaan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline