Lihat ke Halaman Asli

Alifa Nurul

Semangat

Mahasiswa KKN UM Desa Sempalwadak Kemas Fasilitas Desa dalam Peta Administrasi

Diperbarui: 2 Juli 2020   12:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Malang (02/07) Mahasiswa KKN UM Desa Sempalwadak yang dibimbing oleh Dr. Hendro Permadi , M.Si memiliki beberapa program kerja, salah satunya yakni pembuatan peta administrasi untuk desa. Peta administrasi merupakan data teknis yang diperlukan dalam suatu wilayah untuk mengetahui letak dan batas. Peta administrasi juga menginformasikan tentang keberadaan fasilitas -- fasilitas desa dari suatu wilayah. Tujuan adanya peta administrasi untuk media informasi untuk rencana pembangunan dimasa mendatang, mengetahui batas dari suatu wilayah dan mengetahui sarana dan prasarana yang telah tersedia.

Awalnya, di kantor Desa Sempalwadak sudah terdapat Peta Administrasi. Namun, belum ada pembaharuan terkait dengan batas -- batas Desa Sempalwadak dan fasilitas desa. Oleh karena itu, mahasiswa KKN UM Desa Sempalwadak berinisiatif untuk membuat peta administrasi yang update dan sesuai dengan kondisi saat ini untuk selanjutnya peta tersebut akan diserahkan kepada Desa melalui Bapak Kepala Desa. 

Proses pembuatan peta dilakukan melalui tiga tahapan pelaksanaan, yakni: 1) Pengumpulan data, 2) Pengolahan Data, dan 3) Finishing/Printing. Pada tahap pengumpulan data dilakukan survei ke lapangan untuk mencari fasilitas -- fasilitas desa yang ada di Desa Sempalwadak yang nantinya akan digambarkan kedalam Peta Administrasi. Fasilitas desa tersebut seperti tempat ibadah, kantor kelurahan, fasilitas pendidikan dan lain -- lain. Sasaran dalam pelaksanaan program ini adalah para perangkat desa. Pembuatan peta ini dengan menggunakan aplikasi software Arcgis Pro diharapkan dapat membantu perangkat desa untuk melakukan updating peta dimasa yang akan mendatang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline