Lihat ke Halaman Asli

alifan azhar

Smartmen

Brand Fashion Indonesia Bisa Jadi Kebanggaan?

Diperbarui: 10 April 2019   17:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Tidak bisa kita pungkiri bahwa salah satu alasan membeli suatu produk adalah karena "Brand", sebagian besar dari kita pasti melakukan hal tersebut.

Kemunculan brand lokal dari anak bangsa menjadi harapan besar bagi masyarakat kita yang sebagian besar melihat brand menjadi faktor penting dalam menentukan pilinan.

Fakta bahwa banyak yang lebih suka dengan barang branded kw dibandingkan dengan barang brand lokal yang kualitasnya lebih baik. Ini bisa menjadi bukti nyata yang harus kita cermati. Siapapun orangnya yang bergerak di bidang bisnis dan usaha harus cermat dan berpikir keras bagaimana brand kita bisa menjadi sesuatu yang dibanggakan.

Saya sendiri tidak munafik, sering sekali memilih barang luar negeri yang sudah mempunyai merek sudah terkenal dibandingkan barang yang jelas mereknya, meskipun dari kualitas sama, bahkan barang brand yang kami beli harganya bisa 2-3 kali lipat.

Khususnya di bidang Fashion kita yang peka terhadap industri kreatif anak bangsa, tentunya sudah kenal merek-merek Brand lokal seperti tas, sepatu, bahkan hingga jam tangan. Salah satu tanda kesuksesan sebuah brand adalah saat kita bangga mengenakan produk dengan brand tersebut.

Masih 99% popularitas jam tangan yang disukai masyarakat di Indonesia adalah di brand terkenal seperti Seiko, Fossil, Alexandre dan Casio. Dari segi harga sangat varitif bahkan ada yang relatif murah yang seolah olah sulit dikejar oleh brand-brand lokal yang baru saja berkembang.

Namun bukti nyata popularitas brand anak bangsa sudah banyak, seperti Brodo, Eiger, dan pasti GT Radial dan Lea Jeans. Bukti sudah di depan mata, sudah saatnya para kreatif bangsa optimis untuk lebih bisa mengembangkan brand. Meskipun kita kadang masih ada kekurangan terutama soal dana bagaiamana cara promosi.

Mereka para brand senior bahkan memulai ketika belum ada sosial media seperti saat ini yang mudah dan murah untuk beriklan. Harusnya sekarang bisa lebih gencar dan optimis pelaku usaha pencipta.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline